Rektor UI Ari Kuncoro Rangkap Jabatan Jadi Wakil Komisaris BRI, Ombudsman: Jelas Itu Melanggar

0

Rektor UI Ari Kuncoro Rangkap Jabatan Jadi Wakil Komisaris BRI, Ombudsman: Jelas Itu MelanggarGaekon.com – Rektor UI, Ari Kuncoro menjadi Wakil Komisaris Utama Independen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dinilai telah melanggar Peraturan Pemerintah tentang Statuta Universitas Indonesia.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Tempo, Hal ini diungkapkan oleh Ombudsman Republik Indonesia. Pihaknya menemukan maladministrasi dalam pengangkatan Ari sebagai Wakil Komisaris BRI.

“Jelas itu melanggar, itu maladministrasi,” kata anggota Ombudsman RI Yeka Hendra Fatika.

Ari Kuncoro Melanggar Peraturan Pemerintah

Menurut Ombudsman, Ari telah melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 2013 tentang Statuta Universitas Indonesia.

Sesuai dengan pasal 35 huruf c PP 68 Tahun 2013, mengatur, rektor dan wakil rektor dilarang merangkap sebagai pejabat pada Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah maupun swasta. Sementara Ari merupakan Rektor UI untuk periode 2019-2024.

“Ketika Pak Ari Kuncoro bertindak sebagai wakil komisaris utama itu otomatis melanggar PP tentang Statuta UI,” kata Yeka.

Yeka menerangkan bahwa Ombudsman telah memeriksa pengangkatan Ari sebagai Wakil Komisaris Utama PT BRI (Persero) Tbk. Pemeriksaan itu dilakukan oleh Ombudsman periode 2016-2021. Ombudsman menyatakan pengangkatan Ari yang merupakan Rektor UI 2019-2024 merupakan pelanggaran terhadap aturan.

Selain itu tidak ditemukan dokumen pendukung pengangkatan Ari dan tidak adanya dokumen hasil monitoring dan evaluasi Dewan Komisaris atau Dewan Pengawas.

Ari juga diketahui memberikan persetujuan dokumen evaluasi kinerja PT BRI (Persero) Tbk pada triwulan II tahun 2020.

Padahal, saat itu ia belum dinyatakan lulus uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) untuk menempati jabatan tersebut oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Surat persetujuan dokumen evaluasi itu diteken pada 25 Agustus 2020. Kemudian untuk surat keputusan Dewan Komisioner OJK tentang Hasil Penilaian Kemampuan dan Kepatutan Ari Kuncoro sebagai Wakil Komisaris Utama Independen PT BRI baru tertanggal 15 September 2020.

Ari Kuncoro mendadak jadi sorotan usai Rektorat Universitas Indonesia memanggil Badan Eksekutif Mahasiswa UI yang mengunggah meme mengkritik Presiden Joko Widodo “The King of Lip Service”. Publik akhirnya mengaitkan dengan jabatan Ari sebagai Wakil Komisaris Utama PT BRI.

D For GAEKON