Resmikan Hubungan Diplomatik Israel dan Bahrain Perkuat Kerjasama Diberbagai Sektor Strategis

0

Resmikan Hubungan Diplomatik Israel dan Bahrain Perkuat Kerjasama Diberbagai Sektor StrategisGaekon.com – Akhirnya Israel dan Bahrain secara resmi memperkuat kesepakatan menjalin hubungan diplomatik. Kedua belah pihak tersebut telah menandatangani tujuh nota kesepahaman yang selanjutnya membuka wilayah Teluk yang kaya itu Israel.

Dilansir dari AFP, Senin (19/10/2020), dokumentasi tersebut ditandatangani pada sebuah upacara di hadapan pejabat dan wartawan internasional lainnya, menurut dari seorang koresponden AFP, menyempurnakan kesepakatan yang ditengahi Amerika Serikat (AS) di Gedung Putih pada 15 September lalu.

Dalam kesepakatan itu, delegasi Israel, yang dipimpin oleh Ketua Dewan Keamanan Nasional Meir Ben Shabbat, telah melakukan perjalanan ke Manama dari Tel Aviv dalam penerbangan langsung pertama antara kedua negara.

Kemudian ada Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan asisten khusus Presiden Donald Trump untuk negosiasi internasional, Avi Berkowitz, telah melakukan perjalanan ke Tel Aviv sebelum bergabung dengan penerbangan delegasi Israel ke Manama.

Namun, dalam kesempatan tersebut, Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa, serta putra mahkota dan perdana menteri, tidak hadir dalam upacara tersebut.

Para delegasi dari kedua negara sepakat untuk menjalin hubungan diplomatik damai dan bekerja sama di bidang ekonomi, penerbangan sipil, keuangan, komunikasi dan pertanian, kata Kementerian Luar Negeri Israel dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, menurut Kementerian Luar Negeri Israel juga mengatakan akan bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri Bahrain dan mencatat bahwa kedua negara telah sepakat tentang pengecualian persyaratan visa untuk diplomat.

Menteri Luar Negeri Bahrain, Abdullatif al-Zayani, menyebut bahwa keputusan untuk menormalkan hubungan datang dari “kepercayaan pada nilai-nilai toleransi…di wilayah yang rakyatnya menderita akibat perang dan konflik”.

Setelah kesepakatan ini kedua belah pihak nantinya akan bebas untuk membuka kedutaan besar di negara masing-masing setelah upacara tersebut, kata Berkowitz, sambil menambahkan bahwa kedutaan besar Israel di Manama dapat dibuka dalam beberapa bulan.

Intensitas diplomasi yang tinggi antara beberapa sekutu regional utama Washington telah memberi Presiden AS Donald Trump kemenangan kunci kebijakan luar negeri pada saat dirinya berkampanye untuk pemilihan ulang menjelang pemungutan suara pada bulan November.

Z For GAEKON