Respon Tingkatkan Imun Baik, Meski Haram Vaksin Sinopharm Boleh Digunakan Jika Darurat

0

Respon Tingkatkan Imun Baik, Meski Haram Vaksin Sinopharm Boleh Digunakan Jika DaruratGaekon.com – Vaksin Sinopharm diklaim haram untuk digunakan. Namun jika kondisinya darurat, maka diperbolehkan untuk digunakan.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof Hasanuddin. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan emergency use authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 Sinopharm, produksi Institut Produk Biologi Beijing.

Vaksin ini akan digunakan dalam program vaksinasi gotong royong. Kepala BPOM, Penny Lukito mengatakan bahwa berdasarkan evaluasi secara keseluruhan vaksin tersebut dapat meningkatkan imun dengan baik.

“Berdasarkan evaluasi secara keseluruhan data mutu, produksi dari studi disimpulkan pemberian vaksin SARS CoV-2, inactivated Sinopharm dua dosis selang penyuntikan 21 hari hingga 28 hari di toleransi dengan baik, respons untuk meningkatkan imun dengan baik,” terangnya.

Penny menambahkan, berdasarkan uji klinis di Uni Emirat Arab dan negara lain, efikasi vaksin 78 persen dan pengukuran imunogenitas setelah 14 hari penyuntikan dosis kedua.

“Persentase relawan untuk antibodinya saat uji klinis netralisasinya adalah 99,52 persen pada orang dewasa dan 100 persen pada lansia,” katanya.

Proses evaluasi ini dilakukan bersama tim ahli dalam Komite Nasional Penilai Vaksin Covid-19, Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia, Muhyidin Junaidi, menegaskan dalam kaidah fiqih jelas sesuatu yang haram bisa berubah hukumnya menjadi halal jika ditemukan alasan kedaruratannya, terutama untuk menyelamatkan nyawa manusia.

D For GAEKON