Viral, Ribuan Ikan Di Bali Mati Mengambang Diduga Keracunan Belerang

0

Viral, Ribuan Ikan Di Bali Mati Mengambang Diduga Keracunan BelerangGaekon.com – Ribuan ikan di Danau Batur, Bali ditemukan mati mengambang. Peristiwa memilukan ini diduga karena semburan belerang.

Dalam video yang diunggah akun @denpasar.viral di instagram pada Selasa (27/7) memperlihatkan ribuan ikan-ikan terlihat mengapung di permukaan danau.

Ribuan ikan milik petani itu diduga mati keracunan. Menurut keterangan dalam video, total ikan yang mati sampai sekarang menyentuh sekitar 70 ton ikan nila.

“Akibat semburan belerang yang masih terus terjadi hingga saat ini, membuat ribuan ikan di Danau Batur, Kintamani, mati,” tulis keterangan dalam video.

Jika dilihat dari video tersebut ikan-ikan mujair dan nila berwarna merah hingga hitam itu masih berukuran kecil. Ikan-ikan itu diperkirakan belum saatnya dipanen. Video ini pun viral dan mengundang komentar warganet. Banyak dari mereka yang turut prihatin dengan nasib para petani.

Menurut Kepada Kanal Bali, I Wayan Sarma selaku Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (PKP) fenomena belerang itu terjadi setiap tahun. Hembusan belerang berhenti di hari keempat atau paling lama seminggu.

“Yang, biasanya 4 hari sampai seminggu sudah selesai. Kalau ini, 9 hari belum selesai tambah lagi sekarang ada laporan letusan baru, ini masalahnya,” kata I Wayan Sarma.

Maka dari itu, I Wayan Sarma mengaku tak bisa memprediksi fenomena tersebut. Peristiwa ini telah terjadi dua kali, yakni sebelumnya pada Februari 2020.

I Wayan Sarma berharap agar letusan belerang cepat berakhir supaya tak ada lagi kasus kematian ikan.

Air Danau Batur Di Bali Berubah Hijau Sejak Rabu (15/7)

Sebelumnya diketahui, dilaporkan Kanal Bali, air Danau Batur di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, berubah menjadi hijau sejak Rabu (14/7).

Perubahan warna air disebabkan semburan belerang dari lereng Gunung Batur. Imbas dari semburan belerang yang berkelanjutan hingga saat ini, ribuan ikan milik petani mati keracunan.

D For GAEKON