Viral Ribuan Ikan Dijatuhkan Ke Danau Dari Pesawat Terbang

0

Viral Ribuan Ikan Dijatuhkan Ke Danau Dari Pesawat TerbangGaekon.com – Sebuah video ribuan ikan jatuh dari pesawat viral di media sosial. Kejadian ini diketahui terjadi di Amerika Serikat.

Dalam video yang diunggah akun @KCTV5 di Twitter memperlihatkan sebuah pesawat melepaskan ribuan ikan dari atas. Aksi ini diduga dilakukan oleh petugas satwa liar di Utah, Amerika Serikat.

Ribuan ikan itu keluar dari bagian bawah pesawat, terjun bebas bersama air dan terpaan angin. Ikan-ikan ini kemudian meluncur ke permukaan air danau.

Ribuan Ikan Untuk 200 Danau Di Dataran Tinggi

Pesawat tersebut mengeluarkan ribuan ikan ke 200 danau dataran tinggi di seluruh negara bagian. Metode pengisian ikan ke danau dari pesawat mungkin tampak kejam mengingat hewan ini punya ukuran kecil sekitar 2,5 hingga 7,6 centimeter.

Ikan yang diluncurkan dari udara merupakan spesies trout hibrida yang dikenal sebagai splake (Salvelinus fontinalis) dan Arctic greyling (Thymallus arcticus).

Petugas kantor wilayah selatan DWR Utah, Phil Tuttle mengatakan bahwa sekitar 95 persen ikan diperkirakan mampu bertahan hidup usia dilepaskan.

“Padahal, angin sebenarnya membawa mereka ke bawah dengan cukup lembut, seperti daun yang gugur dibawa oleh angin sepoi-sepoi,” kata Phil Tuttle.

Pilot akan terbang tepat di atas danau sebelum meluncurkan ikan-ikan tersebut. Ia akan menjatuhkan ikan-ikan tersebut sambil mempertimbangkan situasi di sekitar, agar ikan-ikan itu jatuh tepat sasaran.

Dalam satu kali penerbangan pesawat mampu membawa ratusan liter air dan menjatuhkan sekitar 35.000 ikan.

Praktik buang ikan ini bertujuan agar danau tidak kehabisan ikan dan tetap menjadi lokasi favorit para pemancing. Jika Division of Wildlife Resources (DWR) Utah tidak mengisi danau dengan ikan di setiap tahunnya, maka tempat pemancingan populer itu akan segera kehabisan ikan.

Adapun ikan yang digunakan untuk cadangan dibesarkan di tambak ikan dan sebagian besar dibiakkan di sana agar steril dan mencegah ledakan populasi tang bisa mengancam spesies ikan lokal.

Sudah sejak lama DWR Utah melakukan praktik buang ikan dari pesawat. Mereka melakukannya pertama kali pada tahun 1965.

Sebelum menggunakan pesawat, DWR Utah pernah menggunakan kuda atau orang untuk mengangkut ikan-ikan itu ke danau di dataran tinggi dengan cara berjalan kaki. Namun cara tersebut dinilai lebih berisiko ketimbang membuangnya dari atas pesawat.

D For GAEKON