Ribuan Siswa Terancam Gagal Ikut SNMPTN

0
Ribuan Siswa Terancam Gagal Ikut SNMPTN

Tahun 2020 pendaftar SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN harus memiliki akun di laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Namun sayangnya, ribuan siswa dan sekolah belum melakukan finalisasi akun LTMPT tersebut. Padahal besok, Selasa 7 Januari 2020 adalah hari terakhir registrasi dan finalisasi akun LTMPT. Bila tak selesai, dipastikan mereka tak lolos syarat masuk.

Merujuk data LTMPT per Jumat (3/1) pukul 19.57 WIB, tercatat jumlah sekolah yang mendaftar akun sebanyak 19.694 SMA sederajat. Dari jumlah itu, yang sudah aktif sebanyak 18.730 sekolah. Sementara jumlah sekolah yang telah memermanenkan data baru 8.616.

Tak jauh beda dengan data sekolah, jumlah siswa yang belum finalisasi akunnya juga cukup besar. Dari data, diketahui jumlah siswa yang telah memermanenkan data baru 722.732 orang dari akun yang sudah aktif sebanyak 1.002.280 siswa dan jumlah mendaftar akun 1.063.091 orang.

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Prof Budi Prasetyo Widyobroto menjelaskan pihak sekolah dan siswa harus membuat akun hingga proses finalisasi.

“Harus melakukan finalisasi. Siswa yang sudah finalisasi berarti sudah selesai dan punya akun untuk daftar di SNMPTN atau UTBK atau SBMPTN,” ujarnya.

Untuk melakukan finalisasi akun terbilang cukup mudah. Siswa tinggal melanjutkan tahapan setelah daftar akun. Lengkapi data yang dibutuhkan dan klik pilihan final.

Budi mensinyalir masih banyak siswa yang belum finalisasi lantaran pemahaman keliru antara siswa dan sekolah. Kedua pihak saling tunggu untuk mempermanenkan akun.

“Silakan siswa maupun sekolah melakukan finalisasi. Tidak harus semua final, baru sekolah finalisasi,” jelasnya.

Budi menekankan agar sekolah dan siswa melakukan finalisasi mengingat batas waktu pendaftaran segera habis. Jika lewat, konsekuensinya siswa tidak bisa ikut SNMPTN.

Pihaknya juga tidak mau ambil kompromi. Tidak akan ada pengecualian karena kendala informasi nanti setelah penutupan pendaftaran. Sebab, pihaknya mengklaim sudah melakukan sosialisasi sejak jauh hari.

Registrasi dan Finalisasi Akun LTMPT untuk PDSS dan SNMPTN berlangsung 2 Desember 2019 sampai 7 Januari 2020.

Sedangkan Registrasi dan Akun LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN berlangsung 7 Februari sampai 5 April 2020.

K For GAEKON