Rilis Sejak 2019, Ini Alasan Instagram Music Tak Kunjung Masuk Ke Indonesia

0

Rilis Sejak 2019, Ini Alasan Instagram Music Tak Kunjung Masuk Ke IndonesiaGaekon.com – Instagram Music, sepertinya kerap sekali terdengar di telinga kita. Namun, sejak peluncurannya pada 2019 lalu, sampai saat ini fitur tersebut tak kunjung masuk ke Indonesia.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Fitur Instagram Music tidak kunjung diluncurkan untuk pengguna Indonesia karena Instagram belum mendapatkan lisensi musik untuk Indonesia. Jika Instagram tidak memiliki lisensi pemutaran lagu, perusahaan akan melanggar hak cipta.

Fitur Instagram Music saat ini hanya tersedia di tujuh negara, diantaranya yaitu, Australia, Selandia Baru, Prancis, Jerman, Swedia, Inggris, dan Amerika Serikat.

Selain Indonesia, ada banyak negara yang belum kedapatan fitur Instagram Music. Perusahaan harus memenuhi sejumlah prosedur hukum universal untuk hak cipta dan membutuhkan waktu untuk menyediakan ini dalam skala global.

Karena belum meluncur di Indonesia, sehingga kita tidak bisa menambahkan lagu ke dalam konten video.

Selain itu, para pengguna instagram juga tidak bisa menikmati konten Reels yang memanfaatkan Instagram Music sebagai latar belakang video karena suara lagu tidak akan muncul.

Untuk mendengarkan suara dari video Instagram, pengguna biasanya hanya cukup mengetuk konten yang sedang berputar tersebut.

Namun jika konten tersebut mengambil suara dari Instagram Music, akan muncul notifikasi ‘Instagram Music is not available in your region’. Alhasil, Para pengguna instagram di Indonesia hanya bisa menonton konten tanpa mendengarkan suara apapun dari video tersebut.

Satu-satunya cara untuk menikmati fitur Instagram Music di Indonesia ialah menggunakan VPN. Instagram Music sendiri adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan potongan lagu dalam video yang dibuat oleh user. Fitur Music ini bisa digunakan untuk Reels dan Stories dalam bentuk Sticker.

D For GAEKON