Picu Risiko Penyakit Jantung, Vaksin Moderna Tak Disarankan Untuk Penduduk Dibawah 30 Tahun

0

Picu Risiko Penyakit Jantung, Vaksin Moderna Tak Disarankan Untuk Penduduk Dibawah 30 TahunGaekon.com – Prancis tidak menyarankan Vaksin Moderna untuk penduduk usia di bawah 30 tahun. Pasalnya, jenis vaksin itu akan memicu risiko penyakit jantung.

Berdasarkan penelitian Haute Autorite de Sante atau Otoritas Kesehatan Prancis, pemberian vaksin jenis Moderna bagi orang berusia di bawah 30 tahun memicu risiko penyakit jantung yang relatif lebih besar.

“Dalam populasi usia di bawah 30 tahun, risiko ini tampaknya sekitar lima kali lebih rendah dengan vaksin Pfizer dibandingkan dengan Moderna,” tulis HAS.

Keputusan ini keluar setelah aturan di beberapa negara, termasuk Kanada, Finlandia dan Swedia lebih berhati-hati terhadap penggunaan vaksin Moderna.

HAS merekomendasikan vaksin Pfizer bagi orang-orang yang berusia di bawah 30 tahun. Pfizer sendiri akan menggantikan vaksin Moderna untuk penduduk berusia di bawah 30 tahun.

Lebih lanjut, HAS mengatakan, saran penggunaan vaksin tersebut akan dijalankan hingga adanya hasil penelitian yang lebih mendalam. Namun pihak berwenang tetap akan menggunakan vaksin Moderna dengan alasan lebih efektif.

Bulan lalu, Europian Medicine Agency (EMA) atau pengawas obat Uni Eropa menyetujui penggunaan vaksin Moderna sebagai booster untuk usia di atas 18 tahun.

Vaksin diberikan minimal 6 bulan setelah suntikan dosis kedua. Namun awal tahun ini, EMA sebenarnya telah menemukan risiko penyakit jantung yang disebabkan dari vaksin Covid-19 jenis Pfizer dan Moderna. Tetapi, risiko yang ditimbulkan dari suntikan vaksin tersebut tidak lebih besar dari manfaat yang didapatkan.

D For GAEKON