Risma Bisa Diganggu Masalah Hukum Jika Maju di Pilpres 2024

0

Surabaya – Nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mulai disebut-sebut sebagai salah satu kandidat untuk Pilpres 2024, baik sebagai calon presiden ataupun calon wakil presiden.

Selain Risma, kepala daerah lain yang sering muncul dalam pembicaraan Pilpres 2024 adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Anies Baswedan.

Pengamat Politik Ujang Komarudin saat ditemui GAEKON menjelaskan bahwa sekarang PDIP sedang serius mempersiapkan Risma untuk 2024.

“Risma sepertinya sedang dipersiapkan PDIP untuk 2024. Bahkan disebut-sebut sudah menyewa konsultan tertentu untuk mengatrol popularitas dan elektabilitasnya,” ujar Ujang, Minggu (19/1/2020).

Namun, Ujang yang juga Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini melihat Risma sulit melaju dengan mulus nantinya.

Ini dikarenakan sejumlah hal yang akan digunakan lawan politik untuk mereduksi elektoral Ketua DPP PDIP Bidang Kebudayaan itu. Salah satunya yang berkaitan dengan masalah hukum.

Menurut Ujang, masalah hukum sampai sekarang sering ditarik-tarik ke ranah politik, terutama bila ingin menghancurkan kredibilitas seseorang dalam politik.

“Kalau tidak salah, Risma pernah berurusan dengan hukum. Saya kira ini bisa saja dipolitisir nantinya,” kata dosen di Universitas Al Azhar Indonesia itu.

Seperti diketahui, Risma pernah terlibat masalah hukum ketika anak Risma, Fuad Bernardi, diduga terlibat dalam pembangunan parkir basement RS Siloam yang menyebabkan Jalan Raya Gubeng Surabaya amblas Desember 2018 yang lalu.

W for GAEKON