RKHUP Baru, Berzina Akan Dipidana Penjara 1 Tahun

0

RKHUP Baru, Berzina Akan Dipidana Penjara 1 TahunGaekon.com – Setiap orang yang melakukan perzinaan saat ini akan mendapatkan hukuman pidana penjara selama 1 tahun.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Draf Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKHUP) yang terbaru memuat aturan terkait pidana perzinaan.

Aturan tersebut diatur dalam pasal 417, yang berbunyi:

(1) Setiap Orang yang melakukan persetubuhan dengan orang yang bukan suami atau istrinya dipidana karena perzinaan dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda kategori II.

(2) Tindak Pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak dilakukan penuntutan kecuali atas pengaduan suami, istri, Orang Tua, atau anaknya.

(3) Terhadap pengaduan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak berlaku ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25, Pasal 26, dan Pasal 30.

(4) Pengaduan dapat ditarik kembali selama pemeriksaan di sidang pengadilan belum dimulai

Dalam pasal itu diatur setiap orang yang melakukan perzinaan akan dipidana penjara selama 1 tahun. Tindak pidana dilakukan jika terdapat pengaduan dari pihak keluarga yang bersangkutan. Saat ini proses pembahasan RKHUP masih dalam tahap mendengar masukan publik dan belum disahkan di DPR.

D For GAEKON