Roy Suryo Akan Laporkan Menag Yaqut Ke Polda Metro Jaya Soal Gonggongan Anjing

0

Roy Suryo Akan Laporkan Menag Yaqut Ke Polda Metro Jaya Soal Gonggongan AnjingGaekon.com – Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut diduga telah membandingkan suara adzan dengan gonggongan anjing.

Atas kejadian tersebut, Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo akan melaporkan Gus Yaqut ke Polda Metro Jaya.

Melansir dari suara.com, kabar ini diketahui dari akun Twitter @KRMTRoySuryo2. Dalam cuitannya itu Roy Suryo menyebut laporan ini rencananya akan dilayangkan ke Polda Metro Jaya, Kamis (24/2) pukul 15.00 WIB.

“Insyaallah siang nanti Jam 15.00 WIB Kami akan Membuat LP di Polda Metrojaya thdp Sdr YCQ,” kata Roy Suryo.

Roy Suryo Memiliki Bukti Kuat

Roy mengaku sudah memiliki bukti untuk memperkuat isi laporannya, yaitu berupa rekaman audio dan visual.

“Bukti2 Rekaman Audio-Visual Statemennya & Pemberitaan Media2,” tulisnya.

Sebelumnya, Gus Yaqut menjelaskan terkait Surat Edaran (SE) Nomor 5 tahun 2022 tentang pedoman penggunaan pengeras suara di masjid dan musala.

Gus Yaqut mengklaim tak melarang rumah ibadah umat Islam untuk menggunakan toa atau pengeras suara. Hanya saja, kata Gus Yaqut, SE dikeluarkan dengan tujuan agar tidak ada umat agama lain yang terganggu.

“Kita tahu itu syiar agama Islam, silahkan gunakan toa tapi tentu harus diatur. Diatur bagaimana volumenya tidak boleh keras, maksimal 100 desibel,” ujarnya.

Gus Yaqut menjelaskan tujuannya ialah untuk meningkatkan manfaat dan mengurangi masabat. Sebab di daerah yang mayoritas muslim hampir setiap 100-200 meter terdapat masjid.

“Kita bayangkan, Saya muslim saya hidup di lingkungan non muslim, kemudian rumah ibadah mereka membunyikan toa sehari lima kali dengan keras secara bersamaan, itu rasanya bagaimana?,” ucapnya.

Ia kemudian menganologikan dengan suara anjing yang menggonggong dalam waktu bersamaan.

“Contohnya lagi, misalkan tetangga kita kiri kanan depan belakang pelihara anjing semua, misalnya menggonggong di waktu yang bersamaan kita terganggu ga? Artinya semua suara-suara harus kita atur agar tidak menjadi gangguan,” sebutnya.

D For GAEKON