RS Khusus Covid-19 Di Bangkalan Hampir Penuh, Keterisian Tempat Tidur Rawat Inap Naik 97,8%

0

RS Khusus Covid-19 Di Bangkalan Hampir Penuh, Keterisian Tempat Tidur Rawat Inap Naik 97,8%Gaekon.com – Jumlah peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur meningkat drastis. Hal ini membuat tempat tidur rawat inap rumah sakit khusus Covid-19 terisi penuh.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Keterisian tempat tidur rawat inap rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR) pasien Covid-19 di Bangkalan meningkat menjadi 97,8 persen. Hal ini telah dikonfirmasi oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangkalan Agus Sugianto Zein.

“Laporan terakhir, dari total 90 tempat tidur di RS Rujukan Covid-19 Kabupaten Bangkalan, yang terisi sudah 88,” kata Agus.

Menurut Agus, jumlah kasus aktif di Bangkalan per data 6 Juni berada di angka 139 kasus. Sebanyak 88 diantaranya dirawat di rumah sakit, sementara 51 lainnya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan Satgas Covid-19 lingkup RT/RW.

Untuk total kumulatif, ia menyebut sebanyak 1.779 warga Kabupaten Bangkalan terkonfirmasi covid-19. Dari jumlah itu, 1.520 orang diantaranya telah sembuh, dan 180 lainnya meninggal dunia.

Agus sebelumnya juga telah memprediksi akan ada peningkatan kasus Covid-19 usai libur panjang Idul Fitri 1442 Hijriah Juni lalu.

Prediksi itu menyusul kondisi kepatuhan protokol kesehatan warga yang menurun, tradisi keagamaaan, hingga kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Bangkalan.

“Jadi ini erat dengan tradisi berbau agama, setelah lebaran jadi di Bangkalan, terutama di Kecamatan Arusbaya yang peningkatan kasusnya signifikan, ada kebiasaan saling berkunjung. Banyak kegiatan-kegiatan masyarakat, lomba dan sebagainya. Tapi sudah kita imbau sebelumnya,” ujarnya.

Agus telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, apabila pasien Covid-19 melebihi daya tampung RS di Bangkalan, maka akan dirujuk ke enam RS yang sudah disediakan Pemprov Jatim di Kota Surabaya.

Agus mengatakan bahwa sejauh ini hanya memiliki tiga RS rujukan Covid-19, yakni RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu dan dua RS swasta lain.

D For GAEKON