Rugikan Negara Hingga 11,7 Miliar, 10,2 Juta Batang Rokok Ilegal Di Aceh Dibakar

0

Rugikan Negara Hingga 11,7 Miliar, 10,2 Juta Batang Rokok Ilegal Di Aceh DibakarGaekon.com – Rokok ilegal yang ditemukan di Aceh akhirnya dimusnahkan. Rokok ilegal tersebut diperkirakan bernilai Rp10,3 miliar dengan kerugian negara senilai 11,7 miliar.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Medcom, Rokok ilegal yang dimusnahkan itu sebanyak 10,2 juta batang. Kepala Bidang Kehumasan Kanwil Bea Cukai Aceh, Isnu Irwantoro mengatakan bahwa rokok itu bermerek Luffman dan dimusnahkan di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Desa Teupin Keubeu, Matang Kuli, Aceh Utara, Aceh.

“Pemusnahan berupa rokok ilegal merek Luffman ini sebanyak 10.200.000 batang. Nilai rokok ilegal tersebut sebesar Rp 10.353.000.000. Dan potensi kerugian negara dari sektor perpajakan sebesar Rp 11.703.097.500,” kata Isnu.

Pemusnahan rokok ilegal tersebut dilakukan dengan cara dibakar kemudian dibuang ke TPS. Rokok itu merupakan rokok ilegal impor dengan merk Luffman yang tidak dilekati pita cukai (rokok polos).

“Rokok ilegal ini merupakan barang hasil penyidikan di bidang cukai oleh Kanwil Bea Cukai Aceh pada periode 2020, yang kesemuanya telah ditetapkan menjadi barang bukti yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (incracht),” terangnya.

Rokok ilegal itu hasil tegahan oleh Satuan Petugas (Satgas) Bea Cukai di Provinsi Aceh yang saat patroli darat maupun patroli laut di wilayah Provinsi Aceh.

“Diharapkan peredaran rokok ilegal di provinsi Aceh berkurang yang pada akhirnya dapat memenuhi target nasional persebaran rokok ilegal sebanyak 3% pada tahun 2020,” tutupnya.

Adanya rokok ilegal itu tak hanya merugikan negara, namun juga kerugian dari sisi sosial dan kesehatan yang tidak dapat dinilai dengan nilai finansial.

D For GAEKON