Salah Sebut Lokasi Borobudur, Kasus Anya Geraldine Itu Rugikan Wisata Magelang

0

Salah Sebut Lokasi Borobudur, Kasus Anya Geraldine Itu Rugikan Wisata MagelangGaekon.com – Baru-baru ini, cuitan selebgram Anya Geraldine jadi trending topic, lantaran ia salah menyebut objek wisata di kawasan Borobudur. Anya menyebutnya di wilayah Yogyakarta, bukannya di Magelang.

“Indahnya Jogja,” tulis Anya.

Dalam unggahan foto berlatar bangunan joglo dan barisan perbukitan Menoreh itu Anya menyebutnya tengah berada di Yogyakarta.

Padahal foto tersebut diambil di salah satu sudut taman di Pelataran Resort yang masuk dalam kawasan wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang.

Sebenarnya, foto tersebut bukan unggahan baru, Anya mengunggah foto itu di akun Twitter-nya @anyaselalubenar pada 31 Januari 2021.

Banyak orang yang masih sering salah mengira bahwa Borobudur berada di Yogyakarta, bukan di Magelang. Hal ini karena mayoritas wisatawan yang berkunjung ke Borobudur masuk melalui pintu Yogyakarta.

Sekretaris Daerah (Sekda) Magelang, Adi Waryanto mengatakan bahwa salah persepsi itu jika dibiarkan akan menyisihkan nama Kabupaten Magelang sebagai tuan rumah Borobudur.

“Paling tidak ikon Magelang kan menjadi agak tersisih. Mestinya Magelang, (masyarakat) tahunya Yogyakarta,” kata Adi Waryanto di sela peluncuran layanan SKCK Door to Door dan Program Cashless di Polres Magelang, Kamis (25/2).

Menurut Adi, secara administrasi salah persepsi itu merugikan para pelaku usaha pariwisata di Magelang. Wisatawan yang berkunjung ke Borobudur mayoritas menginap di Yogyakarta.

“Mereka itu tahunya (Borobudur) Yogyakarta, berarti menginapnya nanti harus di Yogyakarta. Nanti dia booking-nya (hotel) di Yogyakarta. Itu pasti ada multiplier efeknya,” ujar Adi.

Salah persepsi soal letak Candi Borobudur juga memberi efek negatif pada edukasi nilai sejarah dan budaya nasional. Sebab letak geografis tempat bersejarah berkaitan dengan aktivitas kebudayaan masyarakat di sekitarnya.

D For GAEKON