Lancar Sesuai Ekspektasi, SBY Ceritakan Kondisinya Usai Operasi Kanker Prostat

0

Lancar Sesuai Ekspektasi, SBY Ceritakan Kondisinya Usai Operasi Kanker ProstatGaekon.com – Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan kondisi kesehatannya saat ini usai menjalani operasi kanker prostat di Mayo Clinic, Rochester, Amerika Serikat.

Melansir dari Liputan6, SBY mengabarkan kondisi kesehatannya melalui akun instagram @aniyudhoyono pada Selasa (23/11).

“Operasi pengangkatan prostat yang saya alami telah berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan ekspektasi baik tim dokter Indonesia maupun tim dokter Mayo Clinic dan tentunya harapan saya sendiri,” kata SBY dalam unggahannya.

SBY menyadari bahwa operasi besar yang dijalaninya dapat berisiko besar karena usianya yang memasuki 72 tahun.

Namun, SBY menilai tindakan operasi inilah yang paling tepat untuk kondisinya saat ini.

“Saya sudah mengambil keputusan dan setelah bekonsultasi tentunya dengan tim dokter Indonesia, utamanya tim Dokter Kepresidenan yang merawat kesehatan presiden, wakil presiden, serta mantan-mantan presiden dan wakil presiden, bahwa tindakan operasi inilah yang menurut saya untuk kondisi saya paling tepat,” tutur SBY.

SBY Sedang Recovery Pasca Pengangkatan Sel Kanker Prostat

SBY mengaku saat ini dirinya sedang melakukan pemulihan atau recovery pasca operasi besar untuk mengangkat sel kanker di prostat. SBY juga rutin menjalani kontrol di Mayo Clinic.

“Sejauh ini, pasca tindakan yang dilaksanakan 11 hari yang lalu, tim dokter menyimpulkan bahwa apa yang saya alami sesuai dengan perkiraan bagi siapapun yang menjalani operasi pengangkatan kanker prostat yang dideritanya,” jelasnya.

Sebelumnya, SBY menjalani operasi di Rumah Sakit (RS) Mayo Clinic Amerika, Kamis 11 November 2021. Berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scann, kanker prostat yang diderita oleh SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal.

Ia didampingi kedua anaknya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, kedua menantunya, serta tim dokter.

D For GAEKON