1 Ekor Harimau Terkam Kaki Penebang Kayu Di Riau

0

1 Ekor Harimau Terkam Kaki Penebang Kayu Di RiauGaekon.com – Seekor harimau Sumatera di Desa Teluk Lanus, Kabupaten Siak, Riau menerkam kaki seorang penebang kayu bernama Azmi.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Liputan6, Azmi merupakan warga Kabupaten Pelalawan. Menurut keterangan Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono Azmi berhasil diselamatkan.

“Dia warga Kabupaten Pelalawan dan selamat, desa ini memang perbatasan antara Kabupaten Siak dan Pelalawan,” terang Suharyono.

Kejadian berawal dari aktivitas penebangan kayu hutan di daerah Sungai Belat, Desa Teluk Lanus. Suharyono mengatakan bahwa di kawasan tersebut terdapat konsesi perusahaan hutan tanaman industri.

“Ada konsesi PT RAPP, PT Uniseraya dan ada juga Suaka Margasatwa Teluk Belat (habitat harimau sumatra),” kata Suharyono.

Saat itu, ada seekor harimau sumatra yang mengganggu penebangan kayu hutan. Harimau itu berhasil mengejar seorang penebang dan mengigit kakinya.

Setelah itu, para penebang kayu lainnya mengusir harimau tersebut. Akhirnya ia mundur dari sejumlah penebang dan kembali masuk ke semak-semak.

Tak diketahui pasti, apakah aktivitas menebang kayu itu legal atau ilegal logging. Meski BBKSDA mendapat laporan penyerangan oleh harimau sumatra, petugas masih di lokasi mengecek kebenarannya. Apakah pelakunya memang harimau atau satwa liar lainnya yang terganggu karena penebangan kayu itu.

Suharyono turut prihatin, ia berharap tidak ada konflik lagi dengan cara menghimbau masyarakat tidak beraktivitas di hutan.

“Dan kalaupun itu harimau, belum bisa dipastikan apakah itu harimau yang sama yang masuk ke Desa Teluk Lanus beberapa waktu lalu,” tegas Suharyono.

Suharyono meminta masyarakat tidak memasang jerat di hutan dan berburu babi serta satwa lain. Pasalnya itu merupakan penopang hidup atau makanan pokok harimau sumatera.

D For GAEKON