Sejumlah Rumah Dan Perahu Rusak, Warga Banyuwangi Khawatir Ada Puting Beliung Susulan

0

Sejumlah Rumah Dan Perahu Rusak, Warga Banyuwangi Khawatir Ada Puting Beliung SusulanGaekon.com – Warga pesisir pantai Banyuwangi, Jawa Timur dihebohkan dengan fenomena angin puting beliung. Terjangan angin itu membuat sejumlah rumah dan perahu milik warga rusak.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Fenomena angin puting beliung itu terjadi di Perairan Selat Bali pada Rabu (16/6) sekitar pukul 16.00 WIB.

“Ada puting beliung di Selat Bali. Mengarah ke Pantai Marina Boom,” ujar warga bernama Rendra Kurnia, pada Rabu (16/6).

Angin tersebut membentuk kolong tinggi bergerak dari timur ke barat. Rendra mengatakan bahwa puting beliung itu bergerak dari laut ke daratan hingga menghantam kapal dan rumah warga di Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi Kota. Akibatnya, sejumlah rumah dan perahu milik warga Banyuwangi rusak.

“Beberapa kapal yang ada di dermaga Pelabuhan Rakyat Pantai Marina Boom rusak. Perahu nelayan yang ada di Plengsengan juga beberapa rusak. Kemudian teras rumah warga atapnya terangkat ke atas,” jelasnya.

Pihak BPBD Banyuwangi masih mendata kerusakan akibat peristiwa alam ini. Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai korban jiwa akibat fenomena tersebut.

Sementara itu menurut kesaksian seorang nelayan bernama Suyadi, angin itu juga sempat menerjang kapal milik TNI AL (KAL) yang tengah bersandar.

“KAL sempat terdorong kena angin. Tapi tidak rusak, hanya kena anginnya sampai membentur dermaga,” sebutnya.

Warga masih khawatir dengan adanya puting beliung susulan. Pasalnya, awan tebal masih bergerak di atas perairan Selat Bali.

“Ya warga masih menunggu apakah ada lagi. Ini sebagian warga sudah mencoba memperbaiki perahu dan rumah,” pungkasnya.

D For GAEKON