Sekolah Di Jember Ini Malah Tak Berani Liburkan Siswa

0

Jember, JATIM – Di tengah surat edaran Gubernur Jatim yang meminta sekolah untuk libur selama dua pekan, sekolah di Jember ini malah belum meliburkan siswanya. SDN Slawu 3 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember belum melakukan langkah itu karena mengaku belum mendapat surat edaran resmi.

“Belum ada surat edaran resmi ya, nggak berani meliburkan,” kata Dwi Enik Setyaningrum, Kepala Sekolah SDN Slawu 3, Kecamatan Patrang Kabupaten Jember di sekolahnya Jalan cendrawasih kepada GAEKON Senin 16 Maret 2020.

Hanya saja sekolah SD tersebut tidak keberatan jika sekolahnya diliburkan. “Libur kan bukan untuk liburan, jadi kami sosialisasikan pada siswa, libur harus di rumah, tidak usah ke mall, nggak usah liburan. Jadi kalau ada edaran libur, sudah siap,” jelas Enik.

Pihak sekolah juga mensosialisasikan pencegahan corona dengan intens. “Virus itu tidak bisa dilihat, jadi kita harus selalu waspada. Cuci tangan yang benar seperti yang sudah diajarkan, jangan salaman dulu dengan siapapun, hindati kerumunan. Jaga kesehatan dengan olahraga dan makanan bergizi,” kata Dwi Ratnasari di hadapan siswa yang dikumpulkan di halaman sekolah.

“Kalau nanti diumumkan libur, ingat bukan liburan tapi belajar di rumah,” tambahnya.

Bila ada sikap resmi dari dinas terkait, pihak sekolah meminta agar segera disampaikan ke sekolah. Para guru SD Slawu juga telah menyiapkan alternatif belajar mengajar meski harus diliburkan. Bersama wali murid telah sepakat untuk memberikan bahan belajar siswa selama belajar dari rumah.

“Jadi sebenarnya wali murid dari minggu lalu sudah tanya kenapa tidak libur. Kami sudah diskusi dan sepakat kalau libut siswa tetap belajar dari rumah. Bahannya kami (guru) siapkan dan akan dikirim ke WAG wali murid,” jelas Ratna.

Selain itu sudah sejak beredar adanya virus corona, sekolah sudah menyiapkan wastafel dan sabun untuk mencuci tangan dan hand sanitizer untuk dipakai siswa.

K For GAEKON