Seluruh Awak KRI Nanggala 402 Dinyatakan Gugur, KSAL: Tak Ada Human Error, Tenggelam Karena Faktor Alam

0

Seluruh Awak KRI Nanggala 402 Dinyatakan Gugur, KSAL: Tak Ada Human Error, Tenggelam Karena Faktor AlamGaekon.com – Berdasar Bukti-bukti otentik yang ditemukan saat pencarian KRI Nanggala 402 dapat dinyatakan bahwa seluruh awak KRI Nanggala-402 dinyatakan telah gugur.

Hal ini disampaikan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam konferensi pers di Bali, Minggu (25/4).

“Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur,” ungkapnya.

Hadi mengatakan bahwa satgas SAR telah mengerahkan segala kemampuannya dalam proses pencarian KRI Nanggala-402.

Tak hanya itu, KRI Rigel juga telah melakukan pemindaian secara akurat dengan multibeam sonar dan magnetometer untuk menghasilkan citra bawah air yang lebih detail. MV Ship Rescue juga telah menurunkan ROV-nya untuk memperkuat citra bawah air.

“Telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala-402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK11,” jelas Hadi.

Berdasarkan temuan awal, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono meyakini tidak ada kesalahan prajurit atau pelanggaran prosedur dalam pelayaran terakhir KRI Nanggala. Semua berjalan sesuai dengan SOP.

“Dari awal saya sampaikan kemarin bahwa kapal ini tidak human error. Bukan human error. Karena saat proses menyelam itu sudah melalui prosedur yang betul,” kata Yudo.

Prosedur yang benar dapat dilihat dari semua isyarat yang diberikan sebelum penyelaman. Bahkan, lampu masih menyala sebelum benar-benar menyelam. Hal inilah yang akan diinvestigasi lebih jauh. Apa yang menyebabkan KRI Nanggala langsung hilang bak ditelan bumi ketika memasuki air.

Sementara itu, proses evakuasi pengangkatan kapal akan segera dilaksanakan guna kepentingan investigasi.

D For GAEKON