Semeru Erupsi, Warga Malah Santuy Tonton Aliran Lahar

0

Semeru Erupsi, Warga Malah Santuy Tonton Aliran LaharGaekon.com – Gunung Semeru erupsi pada Selasa dini hari (1/12). Peristiwa itu membuat guguran lava keluar dan mengarah ke Kawah Jonggring Saloko. Namun apa yang dilakukan warga ini justru tak terduga.

Dalam rekaman video, warga yang berada di area penambangan pasir di Desa Curah Kobokan justru nekat mendekat berkumpul untuk melihat aliran lahar panas.

Pada awalnya, warga sempat berteriak panik karena melihat letusan. Namun, ternyata kepanikan tersebut tidak berlangsung lama. Aliran lahar panas tersebut justru menjadi tontonan warga. Alih-alih memilih menjauh, warga justru sibuk mengabadikan momen.

Dari video yang beredar, sejumlah warga tampak sibuk merekam dan mengambil gambar di area penambangan pasir. Kabarnya, warga silih berganti datang ke lokasi penambangan pasir.

Terkait letusan gunung tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengimbau masyarakat di wilayahnya untuk tetap tenang dan tidak panik dengan beredarnya pemberitaan tentang aktivitas Gunung Semeru yang mengalami peningkatan hingga meluncurkan lava pijar dari Kawah Jonggring Saloko selama dua hari terakhir.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang Wawan Hadi Siswoyo di kantornya, Senin (30/11/2020).

“Kami harapkan masyarakat Lumajang untuk tetap tenang, tidak usah panik dan resah, karena sesuai dengan laporan, aktivitas gunung api dari Pos Pantau Gunung Sawur menyebutkan Gunung Semeru tidak meletus, karena saat ini masih dalam status Waspada Level II,” kata Wawan, Senin (30/11/2020).

K For GAEKON