Sempat Bertemu Khofifah Bupati Situbondo Positif COVID-19

0

Sempat Bertemu Khofifah Bupati Situbondo Positif COVID-19Gaekon.com – Bupati Situbondo, Dadang Wigarto terkonfirmasi positif virus corona atau Covid-19. Hal tersebut diketahui berdasarkan tes yang dilakukan pada hari Selasa, (24/11/2020) kemarin.

Namun, Dadang sebelumnya, telah merasakan gejala gangguan kesehatan. Ia pun tetap menjalankan aktivitasnya dan sempat bertemu dengan sejumlah pihak. Bahkan ia sempat menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

“Kita belum tahu, dia kemana saja. Tetapi gejalanya sudah sejak seminggu yang lalu. Kemungkinan seminggu yang lalu gejalanya,” tutur Syaifullah, Sekda yang juga Ketua Satgas Covid-19 Situbondo saat jumpa pers pada Rabu (25/11/2020).

Pasien positif Covid-19 akan dilakukan tracing atau pelacakan selama 14 hari ke belakang. Sejak waktu perkiraan terpapar virus.

Selain itu, dalam dua pekan terakhir, diketahui bupati Dadang juga menghadiri sejumlah acara publik. Diantaranya menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah. Penghargaan dilakukan di Kota Batu, Jawa Timur pada 14 November 2020. Dalam acara tersebut ternyata juga turut hadir sejumlah kepala daerah atau pejabat di Jawa Timur.

“Ya beliau menerima penghargaan dari Gubernur Jatim di Kota Batu, pada Sabtu. Kemudian langsung pulang. Lalu besoknya menghadiri acara Korpri di pesisir pantai Panarukan. Saat itu sebenarnya beliau merasa tidak nyaman, tetapi tetap berusaha beraktivitas,” papar Syaifullah.

Dirinya juga menegaskan, bahwa Dadang tidak akan dirujuk ke rumah sakit yang ada di Surabaya. Perawatan juga tetap dilakukan di RSUD dr Abdoer Raheem yang diketahui merupakan rumah sakit terbesar dan rujukan covid di Situbondo.

“Tetap dirawat di Situbondo, di ruang isolasi rumah sakit. Tetapi kita sedang minta bantuan agar dapat obat yang bagus dari Surabaya.”

Selain itu, setelah mendapat konfirmasi bupati Dadang positif pada Rabu (25/11/2020), sejumlah ruangan di kantor dan rumah dinas bupati Situbondo telah dilakukan sterilisasi. Pihak dari Satgas juga melakukan pelacakan terhadap riwayat kontak erat. Dari hasil tracing, terdapat 9 orang diantaranya yang memiliki gejala mengarah Covid-19.

Z For GAEKON