Sempat Hilang 3 Hari di Laut Nelayan Ini Akhirnya Berhasil Diselamatkan

0

Sempat Hilang 3 Hari di Laut Nelayan Ini Akhirnya Berhasil DiselamatkanGaekon.com – Baru-baru ini, beredar di media soisal sebuah video yang memperlihatkan proses evakuasi nelayan Pesisir Barat, Lampung. Dalam video itu, para nelayan tersebut dikabarkan telah terombang-ambing di laut selama tiga hari.

Video viral itu diketahui dibagikan oleh akun @inseaaa di TikTok, pada Jumat (20/11/2020), dan diunggah ulang beberapa akun di Instagram. Beberapa video terpisah yang masing-masing berdurasi kurang dari semenit tersebut memperlihatkan bagaimana detik-detik para nelayan itu diselamatkan.

Singkat ceritanya, berawal dari nahkoda kapal yang melihat adanya nelayan, memberi gestur lambaian tangan seakan sedang meminta tolong, kemudian kapal yang diketahui membawa muatan barang itu pun langsung putar balik.

“Ternyata benar, ada satu perahu nelayan yang kebalik. Para kru berkumpul di haluan untuk segera melakukan pertolongan,” cerita sang pembuat video.

Bahkan, ketika proses penyelamatan tidak mudah seperti yang dibayangkan. Ombak yang menggulung lautan membuat perahu nelayan terus menjauh meski didekati oleh kapal barang. Meskipun demikian, akhirnya tali penyelamat tersebut dapat sampai ke perahu, diikat ke salah satu bagian, kemudian ditarik.

Setelah berhasil mendekat, kapal barang itu pun melemparkan pelampung. Kedua nelayan itu pada akhirnya berhasil diamankan, naik ke atas kapal barang, lalu diberikan makanan oleh para anak buah kapal (ABK).

“Kata bapaknya sudah 3 hari terombang ambing di tengah laut. Dan bapaknya bilang banyak kapal yang melintas, tapi terlalu jauh,” terang sang pembuat video. “Kami berharap semoga tidak ada lagi kejadian seperti ini lagi,” lanjut pembuat video.

Menurut keterangan dari warganet, disebutkan bahwa peristiwa yang menimpa nelayan dari Pesisir Barat, Lampung tersebut terjadi di Aceh. Selain itu, kabarnya mereka sempat hilang selama tiga hari sejak 11 September 2020 sebelum akhirnya ditolong kapal barang.

“Dari empat kapal yang melintas, hanya kapal barang itu yang merespon untuk menolong. Semoga ABK di kapal itu mendapatkan pahala berlipat dari Allah SWT,” kata akun @afrizal_jijay.

Video tersebut akhirnya viral dan mendapat reaksi beragam dari para netizen.

“Ya Rabb, semoga kalian para ABK kapal yang berhasil menyelamatkan kedua orang tersebut, diberi keberkahan hidup dan kesehatan,” kata akun @aprihambudi.

“Ya Allah, semoga orang-orang baik ini selalu dilindungi oleh Allah SWT,” ungkap akun @ddewisahfitri.

Z For GAEKON