Sempat Marah-Marah, Permintaan Rizieq Shihab Untuk Sidang Tatap Muka Akhirnya Dikabulkan

0

Sempat Marah-Marah, Permintaan Rizieq Shihab Untuk Sidang Tatap Muka Akhirnya DikabulkanGaekon.com – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur (Jaktim) akhirnya mengabulkan permintaan terdakwa Rizieq Shihab untuk sidang secara tatap muka.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kompas, Sidang tersebut digelar pada Selasa (23/3) dengan Majelis Hakim, Suparman Nyompa, M Djohan Arifin, dan Agam Syarief Baharudin.

“Menetapkan, mengabulkan permohonan pemohon,” kata hakim Suparman.

Dengan dikabulkannya permohonan tersebut, dalam sidang selanjutnya, Rizieq tidak lagi mengikuti sidang virtual dari Rutan Bareskrim. Pasalnya, ia bisa langsung hadir di PN Jakpus.

“Memerintahkan penuntut umum agar menghadirkan terdakwa tiap kali jadwal sidang,” kata hakim.

Hakim mengabulkan permohonan sidang tatap muka untuk dua perkara sekaligus. Pertama, perkara nomor 222/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim terkait kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat. Lalu, perkara 226/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim terkait kasus kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan di Megamendung Bogor, Jawa Barat.

Keputusan hakim ini keluar setelah kuasa hukum Rizieq menyerahkan surat permohonan ke majelis hakim agar sidangnya digelar secara offline.

Kuasa hukum Rizieq juga menyerahkan surat jaminan yang memastikan bahwa kehadiran Rizieq Shihab ke PN Jaktim tak menimbulkan kerumunan.

“Apabila pemohon melanggar jaminan, maka penetapan (sidang offline) ini akan ditinjau kembali,” kata hakim.

Keputusan serupa juga dikeluarkan hakim untuk 5 terdakwa lain dalam kasus kerumunan petamburan dengan perkara nomor 222/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim. Kelima terdakwa yakni Haris Ubaidillah, Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus alias Idrus Al-Habsyi, dan Maman Suryadi.

Kelimanya diwakili oleh kuasa hukum yang sama dengan Rizieq. Setelah kuasa hukum menyerahkan surat jaminan untuk tertib protokol kesehatan, kelima terdakwa itu juga diizinkan hadir langsung untuk sidang tatap muka di PN Jaktim.

Hakim kemudian memutuskan menunda sidang dengan agenda pembacaan eksepsi bagi Rizieq dan kelima terdakwa lain. Hakim kembali menjadwalkan sidang pada Jumat pekan ini.

Sebelumnya, sejak sidang perdana pada Selasa dan Jumat lalu, Rizieq dan kuasa hukumnya bersikukuh untuk hadir di PN Jaktim. Bahkan Rizieq sempat berdebat dengan JPU karena ia tidak mau hadir di persidangan online.

D For GAEKON