Sempat Viral, Kristen Gray Dan Pasangannya Akhirnya Dideportasi Dari Indonesia

0

Sempat Viral, Kristen Gray Dan Pasangannya Akhirnya Dideportasi Dari IndonesiaGaekon.com – WNA Asal Amerika Serikat, Kristen Antoinette Gray dan pasangan wanitanya, Saundra Michelle Alexander Akhirnya dideportasi dari Indonesia setelah viral karena twitnya di Bali.

Kasus Gray ini bermula saat Bali menjadi trending di Twitter pada Minggu (17/1) malam. Seperti yang dilansir GAEKON dari Kompas, Pada (19/1) Gray bersama pasangannya mendatangi Imigrasi Denpasar.

Gray sempat syok dengan reaksi para netizen terhadap cuitannya. Pasca 8 jam diperiksa, Gray dan pasangannya disanksi deportasi. Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk mengatakan bahwa keduanya dikenakan tindakan pengusiran.

“Tindak lanjut WN Amerika Serikat Kristen Gray (dan pasangannya) dikenakan tindakan administrasi keimigrasian pendeportasian atau pengusiran,” Kata Jamaruli.

Keduanya dideportasi karena telah menyebarkan informasi yang dianggap meresahkan masyarakat. Informasi tersebut mengenai Bali yang memberikan kenyamanan terhadap kaum LGBT. Kemudian adanya kemudahan akses masuk ke wilayah Indonesia di masa pandemi.

Selain itu, Gray juga melakukan kegiatan bisnis melalui penjualan e-book. Berdasarkan pemeriksaan, Gray telah menjual sekitar 50 e-book dengan harga 30 dolar Amerika Serikat atau setara Rp 422.000. Adapun judul e-book tersebut yakni Our Bali Life is Yours (Kehidupan Bali Kami adalah Milik Anda).

“Bahwa yang bersangkutan menawarkan kepada orang asing untuk pindah ke Indonesia saat corona. Itu jelas dituliskan dalam Twitternya dan ada di e-book yang bisa di-download, itu yang dilakukan di sini, dan itu hampir selama satu tahun,” tambah Jamaruli.

Gray dideportasi karena cuitan yang mengajak WNA untuk pindah ke Bali saat pandemi bertentangan dengan Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan covid-19 Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Dalam Masa Pandemi Covid-19. Serta Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi Nomor: IMI-0103.GR.01.01 Tahun 2021 tentang Pembatasan Sementara Masuknya Orang Asing ke Wilayah Indonesia Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Namun Gray mengaku tak bersalah karena visa kunjungan miliknya tidak overstay. Ia juga mengaku tidak mencari uang di Indonesia.

“Saya tidak bersalah, visa saya tidak overstay. Saya tidak menghasilkan uang dalam Indonesia, rupiah. Saya berkomentar mengenai LGBT dan saya dideportasi karena LGBT,” katanya.

Untuk diketahui, Kedua pasangan tersebut sempat gegerkan dunia maya setelah pemilik akun twitter Kristen Gray @kristentootie mencuit beberapa hal soal Bali. Ia menceritakan pengalamannya pindah ke Bali setelah kehilangan pekerjaannya pada 2019.

Ia tak bisa kembali ke kampung halamannya karena pandemi Covid-19. Selama di Bali, Gray mengaku bekerja di bidang desain grafis. Gray mengajak warga negara asing lain untuk berkunjung ke Bali, padahal kondisinya masih dalam pandemi.

Cuitan itulah yang sempat viral dan memicu pihak Imigrasi untuk melakukan penelusuran terhadap Gray.

D For GAEKON