Senjata KKB Diduga Dibuat di Lumajang

1

JATIM- Polda Jatim menindaklanjuti dugaan adanya pengiriman senjata api (senpi) rakitan dari Lumajang untuk kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

“Kami sudah mengirimkan surat kepada 18 polda, kurang lebih ya, atau beberapa polda dan sudah komunikasi langsung dengan polda setempat untuk menganalisa senjata yang dijual ke sana” jelas Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Gidion Arif Setyawan kepada GAEKON di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Senin (13/1/2020).

Komunikasi lebih intens dilakukan dengan polda Papua tentang analisa data senpi rakitan asal Lumajang yang dijual ke Papua.

Kepolisian masih mencari info lebih lanjut tentang jenis senpi yang dipasok. Gidion juga mengkhawatirkan adanya senpi kaliber tinggi, dengan kaliber di atas 6,5.

Polda Jatim sebelumnya sudah pernah membongkar pembuatan senjata rakitan di Lumajang beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu Polda Papua sendiri telah mencurigai adanya penyelundupan senjata dan amunisi untuk KKB Papua dari dalam dan luar negeri.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menjelaskan bahwa senpi didistribusikan melalui Maluku Utara, kemudian ke Sorong, Papua Barat, lalu masuk ke Papua.

Pihak yang berwenang sekarang sedah menelusuri jalur-jalur yang digunakan untuk penyelundupan senpi ke daerah Papua.

W For GAEKON