Sertijab Menkes Baru Molor, Terawan Didesak Jangan Ulur Waktu

0

Sertijab Menkes Baru Molor, Terawan Didesak Jangan Ulur WaktuGaekon.com – Sertijab tampuk menkes dari Terawan Agus Putranto ke Budi Gunadi Sadikin tak kunjung dilakukan. Hal tersebut menuai sorotan pakar.

Epidemiolog Universitas Airlangga Windhu Purnomo menyarankan sertijab segera berlangsung. Mengingat urgensi penanganan pandemi virus corona di Indonesia.

Windhu beralasan, Kementerian Kesehatan merupakan leading sector di tengah wabah Covid-19. Sehingga menurutnya, prosesi sertijab meski seremonial perlu dilakukan untuk memperkokoh jabatan anyar tersebut.

“Saya belum tahu ya kalau belum sertijab, saya pikir sudah. Tapi kalau belum, ini aneh, ini menghambat, seharusnya harus cepat di tengah pandemi ini,” kata Windhu, Senin (28/12).

“Kalau belum sertijab kan tidak efektif fungsi Menterinya. Kecuali kalau Presiden sebagai bos kabinet ini memerintahkan tidak sertijab dan langsung kerja ya mungkin tidak masalah,” imbuh dia.

Budi selaku Menteri Kesehatan serta Dante Saksono Harbuwono yang menduduki kursi Wakil Menteri Kesehatan sebelumnya resmi dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Rabu (23/12) lalu.

Windhu pun menjelaskan, jika sertijab segera dilaksanakan, maka pembagian kerja dan penentuan target Menteri Kesehatan baru dapat segera terealisasi. Ia juga menilai sertijab bisa dijadikan pijakan pertama Menkes Budi dalam memulai kinerjanya di mata publik.

Kendati demikian, Windhu mengaku belum melihat perubahan yang cukup kentara antara Terawan dan Budi. Menurut dia, Budi seharusnya segera membuat kebijakan apik, misalnya menyoal pengetatan demi mengerem laju penularan virus corona di tengah masa libur panjang seperti ini.

“Perbedaan Menteri lama dan baru saya sampai saat ini belum melihat ada tindakan yang betul-betul tentang bagaimana kita ini bisa mencegah penularan terutama di masa liburan ini,” ungkap Windhu.

Windhu menegaskan, sertijab sebagai legitimasi Budi perlu bergegas dilaksanakan agar Budi dapat segera mengemban tugas sebagai pentolan baru Kemenkes, yang diharapkan mampu membawa Indonesia menuju pelandaian kasus Covid-19.

“Di situasi krisis seharusnya sertijab segera dilakukan,” pungkas Windhu.

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Widyawati menyatakan hingga kini prosesi sertijab belum dihelat. Ia belum bisa memastikan kapan acara seremonial itu akan digelar oleh Kemenkes.

“Belum ada agenda Sertijab hari ini,” tutur Widyawati Senin (28/12).

Namun begitu, Staf Ahli Terawan, Alexander Kaliaga Ginting memastikan agenda sertijab Menteri Kesehatan dari Terawan Agus Putranto ke Budi Gunadi Sadikin bakal berlangsung sebelum 2020 berakhir.

Kendati Alex mengaku belum bisa memastikan waktu tepat pelaksanaan sertijab. Menurutnya, sertijab tak langsung dilaksanakan usai pelantikan Rabu lalu karena saat itu Terawan masih meninjau sejumlah fasilitas kesehatan di beberapa daerah.

Di sisi lain, sejumlah menteri baru langsung melakukan sertijab usai dilantik Jokowi. dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Kemudian ada pula Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri Perdagangan M Luthfi. Sementara Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengampu jabatan tanpa melalui sertijab dan langsung bertugas karena Edhy Prabowo mendekam di penjara KPK tersandung kasus dugaan suap penetapan izin ekspor benih lobster atau benur.

K For GAEKON