Server Down, Peserta Vaksin Massal Di Karawang Tak Bisa Dapat Kartu Vaksin Langsung

0

Server Down, Peserta Vaksin Massal Di Karawang Tak Bisa Dapat Kartu Vaksin LangsungGaekon.com – Program vaksinasi massal di Stadion Singaperbangsa Kabupaten Karawang terkendala stok dosis vaksin dan server down. Menurut Panitia penyelenggara, Stok vaksin dari Pemprov Jawa Barat saat ini sedang terbatas.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Antara, Panitia Penyelenggara Sentra Vaksinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Fauzan Kemal Akbar mengatakan, stok vaksin dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat saat ini terbatas.

“Mulai hari ini sampai lima hari ke depan, kami hanya bisa melayani 2.000 orang. Nah, stok yang ada ini harus dihabiskan dalam waktu lima hari itu. Tidak boleh lebih cepat, karena nanti akan berpengaruh pada pasokan vaksinnya,” ujarnya.

Pihak panitia akhirnya terpaksa meminta sebagian masyarakat (peserta vaksin) untuk pulang dan datang kembali besok.

Server Down Mengakibatkan Input Data Peserta Terlambat

Tak hanya itu, selain soal kuota vaksin, kendala lain yang dihadapi penyelenggara ialah server down. Kondisi ini mengakibatkan keterlambatan input data peserta vaksin. Pasalnya, semua pelayanan vaksinasi pelaporannya dilakukan menggunakan sistem PCare (Primary Care).

“Semua data-data pada saat melakukan vaksinasi diantaranya hasil skrining dan lain-lain, dimasukkan ke dalam sistem PCare tersebut. Ini kendala teknis dari pusat servernya,” ucapnya.

Server down ini menyebabkan data peserta vaksin belum bisa diinput dan hal ini berpengaruh terhadap penerbitan kartu vaksin.

Sehingga peserta vaksin tidak dapat secara langsung mendapatkan kartu vaksin, sebagai bukti mereka telah melakukan vaksin dosis pertama.

Namun pihak panitia mengatakan bahwa akan berupaya mengatasi masalah tersebut. Bahkan pihaknya juga telah konsultasi dengan pihak kepolisian dan Pemerintah Kabupaten Karawang.

“Kami berupaya mengatasi masalah tersebut. Kami telah berkonsultasi pihak kepolisian dan Pemerintah Kabupaten Karawang, sampai akhirnya menerbitkan kartu vaksin versi lokal sementara sampai kartu vaksin dapat diterbitkan,” imbuhnya.

Kartu vaksin versi lokal dimaksudkan sebagai alat bukti selama kartu vaksin versi nasional belum bisa diterbitkan karena gangguan server.

Saat server stabil kembali nantinya kartu vaksin dapat diterbitkan, barulah kartu vaksin versi lokal itu ditarik dan ditukar dengan kartu vaksin nasional yang berlaku.

D For GAEKON