Setara Solar Dan Minyak Tanah, Sampah Plastik PT Fajar Surya Wisesa Diolah Jadi BBM

0

Setara Solar Dan Minyak Tanah, Sampah Plastik PT Fajar Surya Wisesa Diolah Jadi BBMGaekon.com – Sulitnya terurai membuat sampah plastik menjadi masalah besar. Padahal, jika diolah dengan baik sebagai bahan daur ulang, sampah plastik ini memberikan nilai ekonomis.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Medcom, sampah plastik yang sudah melewati proses pirolisis dapat dijadikan sebagai bahan bakar minyak yang setara dengan solar atau minyak tanah.

Pirolisis adalah dekomposisi termokimia bahan organik melalui proses pemanasan tanpa atau sedikit oksigen atau pereaksi kimia lainnya, di mana material mentah akan mengalami pemecahan struktur kimia menjadi fase gas.

Produsen kertas terkemuka, PT Fajar Surya Wisesa Tbk, atau Fajar Paper, melihat peluang pemanfaatan sampah plastik sebagai bahan daur ulang.

Fajar Paper mengirimkan 30 hingga 50 ton sampah plastik (sisa proses produksi) ke bank sampah di Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Ketika tiba di bank sampah, sampah plastik akan kembali dipilah (sortir).

Jenis sampah plastik campuran akan dilelehkan untuk dibentuk menjadi paving block plastik. Sampah plastik keras akan di-bale press dan dikirim ke produsen peralatan plastik.

Sedangkan, sampah plastik ringan diolah dengan menggunakan metode pirolisis. Hasilnya, sampah plastik yang sudah melewati proses pirolisis bisa dijadikan sebagai bahan bakar minyak yang setara dengan solar atau minyak tanah.

Dari sampah plastik yang ditaruh penuh di dalam tabung reaktor, bisa menghasilkan 800 mililiter atau 0,8 liter BBM sintetis. Dengan metode konversi plastik menjadi BBM, sampah plastik tidak lagi menjadi masalah.

Dikutip dari laman ditjenppi.menlhk.go.id, proses pemisahan partikel minyak itu dibagi ke tiga slot, dengan hasil akhirnya dikeluarkan melalui keran yang berjumlah tiga di setiap slotnya.

D For GAEKON