Siap-siap, Susul Jakarta Kota Bandung Bakal Terapkan PSBB

0

Bandung – Usai Jakarta memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), daerah lain juga dikabarkan menyusul langkah itu. Pemprov Jawa Barat saat ini mengkaji wacana penerapan PSBB untuk kawasan Bandung Raya.

Secara serius pihak Pemprov merencanakan langkah itu dengan matang. Salah satunya dengan menggandeng pihak universitas untuk melakukan kajian komprehensif.

Dari hasil kajian didapati keterangan bahwa kemungkinan terbesar PSBB diterapkan untuk wilayah Kota Bandung saja.

“Kemarin sudah ada kajian bersamaan dengan Bodebek. Dalam kajian epidemologi ini justru Kota Bandung sebagai ibukota pemerintahan di Jabar yang menonjol (kasus Covid-19 nya),” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Jabar Berli Hamdani dalam konferensi pers di Gedung Pakuan Bandung, Kamis 9 April 2020.

“Kemungkinan PSBB cuma di Kota Bandung. Kalau Bandung Raya, kajian komprehensifnya sekarang sedang dilakukan oleh universitas,” tambahnya.

Berli menjelaskan baru ada dua dari lima daerah di Jabar yang memberikan data administratif lengkap untuk pengusulan PSBB.

“PSBB di Bodebek, kemarin yang mengusulkan baru 2 daerah yang persyaratannya lengkap. Sisanya belum menyertakan lampirannya,” ungkapnya.

Pihaknya berjanji, bila PSBB diterapkan, kebutuhan harian seperti bahan pokok dan medis akan dipasok untuk masyarakat. “Prinsipnya PSBB tidak menghilangkan peluang masyarakat untuk tetap dapat menjalani kehidupannya dengan baik dan layak,” ungkapnya.

K For GAEKON