Sidak Di Salah Satu Pusat Retail, Pemkot Palembang Temukan Manisan Mengandung Boraks Dan Formalin

0

Sidak Di Salah Satu Pusat Retail, Pemkot Palembang Temukan Manisan Mengandung Boraks Dan FormalinGaekon.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Palembang menggelar inspeksi dadakan (sidak) di pusat-pusat perbelanjaan jelang lebaran 2021.

Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda bersama tim gabungan, melakukan sidak pada Senin (3/5) di salah satu pusat retail di Jalan Kolonel Atmo Palembang.

Dalam sidak itu mereka mengambil 12 sampel makanan yaitu manisan, yang diuji kadar kualitasnya. Ternyata ada 6 jenis manisan yang diduga mengandung zat kimia berbahaya, seperti formalin dan boraks.

Selain itu, ada juga yang mengandung bahan pewarna kimia, seperti Rodhamin-B dan Methanil Yellow. BBPOM Palembang telah menyita semua produk yang mengandung zat kimia tersebut.

Pihak BBPOM Palembang akan mengetes ulang seluruh stok manisan tersebut.

“BBPOM Palembang akan mengetes ulang, memastikan temuan ini (apakah semua) mengandung zat berbahaya,” ucapnya.

Pemkot Palembang menggandeng BBPOM Palembang, Balai Karantina Palembang dan aparat kepolisian, dalam membuat kesepakatan bersama para pengelola retail. Agar sepakat tidak lagi memasok dan menjual makanan yang berbahaya.

BBPOM Palembang akan membuka pojok edukasi dan pelatihan bagi pengelola pusat retail dalam waktu dekat. Para pengelola retail akan diajarkan bagaimana mengetes ulang makanan yang akan dipasarkan, agar bisa mencegah pemasaran makanan berbahaya.

D For GAEKON