Sidoarjo Mulai Ikuti Langkah Surabaya Terapkan E-TLE

0
Sidoarjo Mulai Ikuti Langkah Surabaya Terapkan E-TLE

Dinas Perhubungan Sidoarjo berencana ikut menerapkan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE). Seperti diketahui sebelumnya E-TLE mulai tahun ini diterapkan di Surabaya. Mengaca dari progam tersebut Dishub Sidoarjo mulai melakukan pemasangan CCTV di sejumlah persimpangan Kota Delta.

CCTV tersebut dipasang di traffic light yang sudah support adaptive traffic control system (ATCS). Kasi Pengembangan Sarana dan Prasarana Dishub Sidoarjo Rizal Asnan mengatakan kehadiran CCTV itu adalh cikal bakal nantinya diterapkan E-TLE. “Jadi kita persiapkan mulai sekarang,” ujarnya.

E-TLE adalah penerapan sistem tilang secara elektronik. Pengendara yang melanggar ditangkap gambarnya oleh kamera CCTV. Dari bukti gambar itu, proses tilang dilakukan secara otomatis tanpa campur tangan aparat di jalan.

Untuk sampai ke sana, Rizal mengaku masih butuh pembenahan fasilitas penunjang lebih jauh. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Polresta Sidoarjo untuk penerapan tilang elektronik.

Saat ini, menurutnya sudah ada CCTV yang terpasang di 16 persimpangan Sidoarjo. Terakhir Sabtu 4 Januari lalu petugas Dishub memasang cctv di persimpangan Jalan Pagerwojo. “Semuanya akan menuju proses digitalisasi secara perlahan,” tuturnya.

Dishub Sidoarjo sendiri tahun 2019 sudah memasang sedikitnya 6 titik ATCS baru. Lokasinya tersebar antara lain di di simpang Pagerwojo (Mbah Ud), simpang Ali Mas’ud (Transmart), simpang Pucang, simpang Gedangan, simpang Bypass Juanda dan simpang Pabean. Anggaran tersebut mencapai Rp 5,6 miliar.

“Rencana seluruh kawasan Sidoarjo akan diterapkan seperti itu,” pungkasnya.

K For GAEKON