Sita Uang Dan Sepatu Mahal, Polisi Tangkap Koordinator Pungli Pelabuhan Tanjung Priok

0

Sita Uang Dan Sepatu Mahal, Polisi Tangkap Koordinator Pungli Pelabuhan Tanjung PriokGaekon.com – Polres Pelabuhan Tanjung Priok kembali mengamankan seorang pelaku terkait kasus dugaan pungutan liar (pungli) di area JICT, Pelabuhan Tanjung Priok.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis mengatakan bahwa tersangka adalah koordinator para pelaku pungli yang telah ditangkap lebih dulu.

“Atasan yang tujuh orang kemarin ditangkap,” kata Putu.

Pelaku bernama Ahmad Zainul Arifin (39) itu ditangkap pada Jumat (11/6) malam. Zainul berwenang memerintahkan para operator crane untuk memilih truk mana yang akan dibongkar muat lebih dulu.

“Yang bersangkutan mengetahui aktivitas para operator di bawah pengawasannya yang melakukan pungli dengan modus meletakkan kantong plastik atau botol air mineral,” kata Putu.

Saat Polres Pelabuhan Tanjung Priok mengamankan para pelaku pungli, Zainul juga mengkoordinir para pelaku agar bisa terbebas dari tuduhan.

“Yang bersangkutan mengakui memberikan pengumuman di group WA “Dapur RTGC A” ketika Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok melakukan penindakan pungli sebagai langkah-langkah antisipasi agar bisa menyangkal kegiatan yang mereka lakukan,” kata Putu.

Putu juga menjelaskan bahwa pelaku kerap mengambil uang sebesar Rp 100 ribu-Rp 150 ribu per hari. Parahnya lagi, uang tersebut digunakan untuk keperluan pribadi.

Pihak polisi berhasil menyita barang bukti berupa uang tunai Rp 600 ribu hasil pungli dan sepasang sepatu dari Zainul. Sepatu bola merk Adidas berwarna hitam yang dibeli Zainul itu seharga Rp 2.700.000.

Selain membeli barang tersebut, Putu mengatakan pelaku juga menggunakan uang pungli untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Zainul sendiri merupakan karyawan outsourcing dari PT MTI. Ia dijerat dengan Pasal 368 juncto 55 KUHP.

D For GAEKON