Ikut Tanggapi Pernyataan Gus Yaqut Soal Gonggongan Anjing, Gus Nur: Itu Merupakan Makar Allah

0

Ikut Tanggapi Pernyataan Gus Yaqut Soal Gonggongan Anjing, Gus Nur: Itu Merupakan Makar AllahGaekon.com – Pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut soal membandingkan suara adzan dengan gonggongan anjing berbuntut panjang.

Sugi Nur Raharja alias Gus Nur ikut buka suara soal suara adzan tersebut. Gus Nur menyebut pernyataan Gus Yaqut membandingkan adzan dengan gonggongan anjing itu merupakan makar Allah.

“Suara azan diibaratkan anjing yang menggonggong, coba inilah makar Allah. Saya nggak mungkin mendesain atau menyutradarai supaya Gus Yaqut ngomong seperti itu, ini makar Allah,” ujar Gus Nur.

Menurut Gus Nur, hal itu menjadi cara Allah membuka watak asli Gus Yaqut. Gus Nur meyakini ucapan Gus Yaqut itu merupakan bagian dari skenario Allah untuk membuka siapa sebenarnya sosok Gus Yaqut tersebut.

“Allah lah yang mendesain mulutnya itu ngomong seperti itu. Allah membuka kedoknya, itu cara Allah membuka watak asli, membuka tabir asli dalam kalbunya,” tuturnya.

Gus Nur Heran Gus Yaqut Menjadikan Gonggongan Anjing Sebagai Contoh

Gus Nur juga mengaku heran dengan Gus Yaqut yang membahas suara adzan dan soal volume toa masjid musala dengan menjadikan gonggongan anjing sebagai contohnya.

Gus Nur mengatakan bahwa pihaknya tak ambil pusing dengan ucapan Gus Yaqut soal adzan tersebut atau apapun ucapan Menag itu yang bakal menimbulkan kontroversi.

Menurut Gus Nur, sudah ada aturan sejak lama jarak musala masjid itu diatur dan tak boleh berdekatan.

“Jadi dalih suara azan mengganggu ya enggak tepat, Lagian juga mana ada orang azan niatnya ganggu orang. Ya enggak begitu lah. Orang azan ya panggil muslim untuk melaksanakan salat,” tuturnya.

D For GAEKON