Status Bripda Randy Belum Dipecat Dari Polri, Meski Sudah Ditetapkan Tersangka Kasus Aborsi Paksa

0

Status Bripda Randy Belum Dipecat Dari Polri, Meski Sudah Ditetapkan Tersangka Kasus Aborsi PaksaGaekon.com – Tersangka kasus pemaksaan aborsi Novia Widyasari, Bripda Randy Bagus Hari Sasongko belum dipecat dari Polri.

Status Bripda Randy Adalah Anggota Polri Aktif

Melansir dari CNN, Polda Jawa Timur pun mengaku akan segera menggelar sidang kode etik. Tim Advokasi Keadilan untuk Novia Widyasari mengungkapkan bahwa status Bripda Randy masih menjadi anggota Polri aktif.

“Tim Advokasi meminta agar Polda Jatim memberikan pernyataan yang benar terkait pemberhentian tidak dengan hormat Bripda Randy,” kata Kuasa Hukum Keluarga Novia, Jauhar Kurniawan.

Pihaknya mendengar kabar soal pernyataan petinggi Polri yang mengklaim bahwa Bripda Randy telah diberhentikan secara tidak hormat. Namun, berdasarkan temuan mereka tersangka masih berstatus anggota Polri aktif.

“Karena ada sejumlah pernyataan pejabat Polri yang menyatakan bahwa Randy telah diberhentikan dari dinas Polri, namun faktanya proses pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik anggota Polri masih berjalan,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko, mengatakan Randy akan segera menjalani sidang etik.

“Mau dilaksanakan sidang, tapi masih menunggu konfirmasi. Yang jelas dalam waktu dekat ini, minggu ini,” kata Gatot.

Nantinya, pihak polisi akan mendatangkan orangtua Novia saat sidang. Baik hadir menyaksikan jalannya persidangan atau bahkan memberikan kesaksian.

Bripda Randy kini tengah menjalani proses KKEP (Komisi Kode Etik Polri). Selain itu, ia juga sedang menghadap proses pidana dalam kasus pemaksaan aborsi ini.

Bripda Randy telah ditetapkan tersangka dan ditahan di Mapolda Jatim. Ia disangkakan sanksi etik dan Pasal 348 KUHP tentang aborsi, dengan ancaman hukuman paling lama 5,5 tahun penjara.

Untuk diketahui, Novia Widyasari merupakan seorang mahasiswi yang ditemukan meninggal dunia di dekat pusara ayahnya pada Kamis 2 Desember 2021 lalu.

Novia diduga bunuh diri akibat depresi usai diperkosa dan dipaksa aborsi oleh Bripda Randy yang kala itu berstatus kekasihnya.

D For GAEKON