Suarakan Tolak Izin Tambang Andesit, Aktivis Lingkungan Kosim Alami Kekerasan Fisik

0

Suarakan Tolak Izin Tambang Andesit, Aktivis Lingkungan Kosim Alami Kekerasan FisikGaekon.com – Berkaitan dengan penolakan izin tambang andesit, Seorang Tokoh masyarakat Batang Alai Timur (BAT) sekaligus aktivis lingkungan hidup, Kosim mengalami kekerasaan fisik dari seorang pria tak dikenal.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Antara, Kosim diduga didatangi beberapa pelaku oknum dari perusahaan tambang. Saat itulah Kosim mengalami kekerasan fisik dengan ditampar.

Sekitar pukul 15.30 Kosim di rumahnya, Hinar Kiri, BAT didatangi beberapa pelaku yang diduga kuat oknom dari perusahaan tambang.

Seorang pria itu kemudian melakukan kekerasan fisik dengan menampar, serta melakukan tindakan kekerasan lainnya namun hal itu berhasil dicegah.

Saat ini, Kosim dan keluarga mendapatkan pengamanan dari warga Dayak sekitar kediamannya untuk menghindari hal-hal lainnya yang tidak diinginkan.

Mantan Wakil Bupati HST Berry Nahdian Forqan ikut prihatin dengan kejadian yang menimpa Kosim. Pihaknya mengajak untuk memberikan dukungan moril serta menggalang solidaritas untuk Kosim, dalam upaya menyelamatkan pegunungan Meratus dari tambang.

“Mari kita bangun solidaritas semua elemen masyarakat, dari aktivis, organisasi kepemudaan dan organisasi kemasyarakatan di Kabupaten HST, karena kita selama ini telah lama lantang menyuarakan penolakan tambang,” katanya.

Berry juga mengatakan bahwa respon atau tanggapan serta sikap orang HST terhadap kasus ini akan sangat menentukan bagaimana ke depannya.

Jika semua hanya diam saja maka kesewenangan akan semakin mendapatkan tempatnya, dan siap-siap nantinya akan ada lagi penindasan dan kekerasan-kekerasan lainnya.

“Setiap perjuangan tentunya memerlukan pengorbanan, kesewenang-kewenangan harus dilawan karena di atas langit masih ada langit, serta yakin dengan perjuangan karena kebenaran yang disuarakan,” terangnya.

D For GAEKON