Suntik Vaksin Covid-19 Dosis Kedua, Ganjar Kenakan Pakaian Adat Riau

0

Suntik Vaksin Covid-19 Dosis Kedua, Ganjar Kenakan Pakaian Adat RiauGaekon.com – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengenakan baju adat Melayu Riau saat jalani vaksinasi Covid-19 dosis kedua. Acara tersebut dilaksanakan di RSUD Tugurejo, Jawa Tengah.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Liputan6, Berbeda dengan vaksinasi pertama, Vaksinasi kedua ini, Ganjar mengenakan baju adat Melayu Riau warna kuning.

Ganjar mengatakan bahwa vaksin kedua tersebut bertepatan dengan minggu keempat, dimana minggu tersebut waktunya mengenakan baju adat nusantara.

“Vaksinasi kedua! Alhamdulillah. Baju Adat Melayu Riau saya pilih dengan sedikit modifikasi,” tulis Ganjar.

Modifikasi itu berupa bagian kiri lengannya yang terdapat ritsleting sehingga memudahkannya untuk divaksin bagian lengan kirinya. Inovasi ritsleting tersebut terinspirasi dari Bupati Sragen.

“Terinspirasi Bupati Sragen. Tapi dia ritsletingnya lurus di tengah. Kata penjahit saya, jangan pak, biar tidak kelihatan mengubah desainnya. Jadi dipasang di atas dan diputar. Ini hanya 15 menit saya bawa ke penjahit, kemudian direparasi,” kata Ganjar.

Postingan Ganjar mengenakan baju Adat Melayu Riau ini banyak diapresiasi warganet. Mereka senang melihat Ganjar mengenakan baju kuning itu. Dalam kolom komentar, Ganjar mengatakan bahwa baju tersebut merupakan hasil desainan @alimofit.

“Bapak terimah kasihhh sudah mengenakan baju riau,” komentar netter.

“Fokus lengan bajunya keren pak😍 sehat slalu,” ujar netter.

Umumnya, baju adat Riau ini dikenakan saat upacara adat atau acara pernikahan. Pakaian adat untuk Pria ini disebut dengan Baju Kurung Cekak Musang atau Baju Kurung Teluk Belanga.

Baju kurung kurawal yang longgar sebagai atasan dan celana panjang dengan warna senada sebagai bawahan. Sebuah kain tenun dengan motif khas Melayu menjadi penghias yang dililitkan di pinggang.

D For GAEKON