Kondisi Suplai PLN Jauh Lebih Baik, Luhut Izinkan 14 Kapal Batu Bara Berlayar Ke Luar Negeri

0

Kondisi Suplai PLN Jauh Lebih Baik, Luhut Izinkan 14 Kapal Batu Bara Berlayar Ke Luar NegeriGaekon.com – Sebanyak 14 kapal batu bara diizinkan berlayar ke luar negeri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan Senin (10/1) malam.

Melansir dari Kumparan, Luhut menegaskan bahwa melihat kondisi suplai PLN yang sudah jauh lebih baik, belasan kapal yang sudah memiliki muatan penuh batu bara agar segera diekspor.

“Per hari ini, melihat kondisi suplai PLN yang sudah jauh lebih baik, untuk 14 kapal yang sudah memiliki muatan penuh batu bara, dan sudah dibayar oleh pihak pembeli, agar segera di-release untuk bisa ekspor,” kata Luhut dalam keterangan resmi, Senin (10/1).

Luhut juga menerangkan tongkang-tongkang yang memuat batu bara untuk ekspor, tetap diarahkan untuk memenuhi kebutuhan PLTU-PLTU yang masih membutuhkan suplai.

“Jadi belum diperbolehkan untuk melakukan ekspor,” tegas Luhut.

Jumlah kapal tersebut juga harus diverifikasi oleh Ditjen Minerba dan Ditjen Perhubungan Laut (Hubla).

“Bakamla juga perlu melakukan pengawasan supaya jangan sampai ada kapal yang keluar diluar list yang sudah diverifikasi oleh Ditjen Minerba dan Hubla,” terangnya.

Sementara itu pada Rabu (12/1), pemerintah akan mengevaluasi kembali untuk pembukaan ekspor.

D For GAEKON