Susul Jokowi, Wapres Ma’ruf Amin Divaksin Covid-19 Hari Ini

0

Susul Jokowi, Wapres Ma’ruf Amin Divaksin Covid-19 Hari IniGaekon.com – Hari ini (17/2), Wakil Presiden, Ma’ruf Amin akan menerima jatah Vaksin Covid-19 di rumah dinas Wapres, Jakarta.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Republika, Ma’ruf Amin akan menerima vaksin jenis yang sama dengan Presiden Joko Widodo, yakni vaksin CoronaVac produksi Sinovac.

Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi membenarkan bahwa Ma’ruf Amin akan menerima vaksin Covid-19 hari ini.

“Ya benar, insyaallah jam 8.30 WIB di rumah dinas,” Kata Masduki.

Sebelumnya, Masduki mengatakan vaksinasi bagi Wakil Presiden Ma’ruf Amin masih menunggu kepastian tim dokter kepresidenan.

“Wapres itu siap kapan saja, tapi akan ditentukan dari tim kesehatan dan tim kedokteran Presiden (kepresidenan), kalau siap, kalau kapan dinyatakan siap oleh tim itu, Wapres akan siap. kalau (disarankan) nggak, ya nggak (vaksin),” kata Masduki.

Menurut Masduki meskipun secara usia Wapres memenuhi kelompok umur yang disarankan untuk vaksinasi. Namun, ada beberapa catatan yang menjadi perhatian dalam melakukan vaksinasi, yakni kondisi kesehatan penerima vaksin.

Dalam siaran pers Sekretariat Wakil Presiden, pemberian vaksin kepada Wapres setelah diterbitkannya izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk kelompok lanjut usia di atas 60 tahun pada 5 Februari 2021.

“Keikutsertaan Wapres yang telah berusia 77 tahun dalam program vaksinasi ini diharapkan dapat memberikan contoh nyata uji klinis keamanan penggunaan vaksin kepada lansia bagi masyarakat luas,” bunyi dalam siaran pers tersebut.

Menurut Kepala BPOM, Penny Lukito, keputusan atas penggunaan darurat tersebut dikeluarkan berdasarkan pertimbangan banyaknya korban meninggal akibat infeksi virus corona pada kelompok usia tersebut.

D For GAEKON