Tahun Ini Indonesia Akan Berangkatkan 100.051 Jemaah Haji

0

Tahun Ini Indonesia Akan Berangkatkan 100.051 Jemaah HajiGaekon.com – Tahun ini, Indonesia akan memberangkatkan 100.051 jemaah haji. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Menurut Gus Yaqut, kepastian jumlah kuota haji ini menjadi salah satu kabar gembira yang perlu disampaikan kepada umat Islam Indonesia dalam peringatan Nuzulul Qur’an.

“Semoga peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Kenegaraan tahun 2022 ini semakin meneguhkan bahwa nilai-nilai Al-Qur’an sangat penting dalam menjaga harmoni Indonesia,” ujar Yaqut dalam peringatan Nuzulul Qur’an, Selasa (19/4) malam.

Yaqut mengatakan bahwa berkat ikhtiar dan doa masyarakat, akhirnya Indonesia bisa kembali memberangkatkan jemaah haji.

“Setelah dua tahun, kita tidak memberangkatkan jemaah haji karena Covid-19, alhamdulillah atas ikhtiar dan doa kita semua, di tahun ini kita akan kembali memberangkatkan jemaah haji dengan kuota 100.051 jemaah dan 1.901 petugas,” katanya.

Kloter Pertama Jemaah Haji Indonesia Berangkat Awal Juni

Yaqut menjelaskan bahwa kloter pertama akan diberangkatkan awal Juni mendatang.

“Insyaallah akan kita berangkatkan di kloter pertama tanggal 4 Juni 2022,” sambungnya.

Sebelumnya, Komisi VIII DPR dan Kemenag telah menetapkan besaran biaya haji pada tahun ini sebesar Rp 39,8 juta per jemaah, dengan asumsi saat itu jemaah yang berangkat 110 ribu orang. Biaya itu naik dari semula Rp 35 juta di tahun 2020.

Secara tidak langsung ada kekurangan sekitar Rp 4 juta tiap jemaah. Kekurangan tidak akan dibebankan kepada jemaah, tapi dipenuhi dari alokasi virtual account, yaitu rekening untuk menampung nilai manfaat dana haji jemaah yang sudah melunasi biaya haji Rp 35 juta.

Peringatan Nuzulul Qur’an yang digelar secara hybrid ini dihadiri secara daring oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Sementara tampak hadir di Auditorium HM Rasjidi, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar, serta jajaran pejabat eselon I dan II Kemenag.

D For GAEKON