Tak Bisa Ajukan Kasasi, Kuasa Hukum Habib Rizieq Shihab Layangkan Protes Ke PN Jaktim

0

Tak Bisa Ajukan Kasasi, Kuasa Hukum Habib Rizieq Shihab Layangkan Protes Ke PN JaktimGaekon.com – Tim Kuasa Hukum Habib Rizieq Shihab merasa menerima ketidakadilan lantaran salah satunya tak bisa mengajukan kasasi atas perkara Rizieq. Hal ini akhirnya membuat salah satu kuasa hukum Rizieq, Aziz Yanuar mendatangi Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Jumat (27/8).

Seperti yang dilansir GAEKON dari Suara.com, Aziz mendatangi PN Jakarta timur untuk melayangkan protes. Ia terlihat datang dengan para asistennya pada pukul 09.20 WIB tadi.

“Hari ini kami lagi-lagi kembali menempuh upaya hukum administrasi juga untuk memprotes dan menyatakan keberatan atas ketidakadilan yang lagi-lagi kami dari tim kuasa hukum dan Habib Rizieq Shihab alami yang sehubungan dengan perkara beliau,” kata Aziz.

Aziz menjelaskan, untuk konteks keberatan pertama pihaknya menyampaikan soal pengajuan kasasi atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta terkait perkara penetapan masa penahanan Rizieq.

“Ketika kami melakukan kasasi di Pengadilan Negeri Jakarta Timur soal penetapan habib Rizieq Shihab, akan tetapi ditolak padahal kami punya dasar hukumnya, dan ada dasar hukumnya UU mengatur itu,” tuturnya.

“Itu pun dikuatkan oleh surat dari Pengadilan Negeri Jakarta Pusat bahwa ketika kita mencoba memasukkan ke sana, mereka membalas dari Pengadilan Negeri Jakarta Pusat bahwa ini adalah wewenang dari Pengadilan Negeri Jakarta Timur,” sambungnya.

Setelah itu, Aziz juga menyampaikan soal perkara kerumunan Rizieq di Megamendung yang hukumannya kurang lebih satu tahun penjara dan denda.

PN Jakarta Timur Menerima Pengajuan Kasasi

Aziz mengatakan bahwa berdasarkan undang-undang seharusnya kasasi tidak boleh diajukan, namun oleh PN Jakarta Timur pengajuan kasasi penuntut umum diterima.

“Artinya kita protes, kenapa begitu tidak adilnya perlakuan terhadap kami. Tim kuasa hukum dan juga habib Rizieq Shihab. Apa sudah berubah, di mata hukum kita sama, tapi di mata penegak hukum kita berbeda? apakah seperti itu? kami mempertanyakan,” tuturnya.

Pihak kuasa hukum Rizieq juga melampirkan pernyataan sikap dan petisi dari tokoh ulama, habib hingga pimpinan pondok pesantren yang berisi menuntut keadilan dan meminta Rizieq dibebaskan.

“Kemudian kita hari ini juga akan ke Mahkamah Agung langsung membawa surat dan berkas yang sama mengadukan hal yang sama, semoga Mahkamah Agung mempunyai kebesaran jiwa dan keadilan yang kita dambakan,” tandasnya.

Sebelumnya, Kuasa hukum Habib Rizieq Shihab menyambangi gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (25/8). Kedatangan mereka untuk memberikan satu tumpuk berkas berisi pernyataan sikap dan petisi dari sejumlah tokoh ulama yang menuntut Rizieq dibebaskan dari perkara di RS UMMI.

Sejumlah tokoh ulama, pimpinan Pondok Pesantren hingga organisasi masyarakat (ormas) juga menyampaikan petisi dan pernyataan sikap yang menuntut agar Rizieq segera dibebaskan. Penyataan sikap dan petisi tersebut disampaikan di Aula Masjid Baiturrahman Saharjo, Jakarta Selatan, Selasa (24/8).

Pernyataan sikap terbuka tersebut ditujukan kepada Presiden Joko Widodo, Wapres Maruf Amin serta sejumlah petinggi lembaga lainnya seperti Kapolri hingga Panglima TNI.

D For GAEKON