Tak Diizinkan Masuk Ruang Sidang, Tim Hukum Rizieq Shihab Cekcok Dengan Petugas Keamanan

0

Tak Diizinkan Masuk Ruang Sidang, Tim Hukum Rizieq Shihab Cekcok Dengan Petugas KeamananGaekon.com – Anggota tim hukum Rizieq Shihab terlibat cekcok dengan petugas keamanan. Mereka marah karena tidak diperkenankan masuk ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jumat (26/3).

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Pihak kuasa hukum ingin 12 anggota tim hukum diperbolehkan masuk semua. Namun ternyata hanya beberapa orang dari kuasa hukum yang diperbolehkan masuk.

Muhammad Kamil Pasha menyesalkan pembatasan anggota tim hukum untuk masuk ruang sidang. Menurutnya, baru kali ini ia diperlakukan seperti itu.

“Mau standar KUHAP mau Perma (Peraturan Mahkamah Agung) enggak ada itu ngelarang. Baru kali ini saya beracara dipilih jadi pengacara dihalangi masuk kayak gini,” kata Kamil di sekitar PN Jakarta Timur.

Kamil tak terima jika ia dihalang-halangi masuk dalam ruang sidang. Kamil Pasha menegaskan bahwa pembatasan tim hukum masuk ruang sidang tidak berdasar.

“Masak kita dipilih sama hakim. Ini bukan kontestasi Indonesian Idol yang dipilih oleh juri,” tambahnya.

Kamil menilai bahwa petugas yang menyampaikan alasan, menurutnya itu hanya mengada-ada. Pembatasan ini menurutnya berdampak pada terdakwa, Rizieq Shihab yang seharusnya mendapat pendampingan hukum.

“HRS siapa sih? Orang yang mencari keadilan. HRS dan kawan-kawan ini hanya mencari keadilan. Tolong jangan dibatasi lagi haknya, untuk didampingi penasihat hukum di persidangan,” kata Kamil.

PN Jakarta Timur akan menggelar sidang tiga perkara yang menjerat mantan pentolan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab dengan agenda pembacaan nota keberatan atau eksepsi pada hari ini, Jumat (26/3).

Anggota tim hukum yang boleh masuk dibacakan oleh kepolisian dari dekat gerbang pengadilan. Hanya ada dua anggota tim hukum yang masuk demi mendampingi Rizieq Shihab yang hadir langsung dalam sidang kali ini.

D For GAEKON