Tak Dimiliki BKN, Dokumen Hasil TWK Disebut Dimiliki TNI AD Dan BNPT

0

Tak Dimiliki BKN, Dokumen Hasil TWK Disebut Dimiliki TNI AD Dan BNPTGaekon.com – Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengatakan bahwa tak memiliki dokumen mengenai hasil Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) pegawai KPK.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kompas, Kepala BKN, Bima Haria Wibisana mengatakan bahwa seluruh dokumen terkait TWK telah diserahkan kepada KPK.

“Jadi BKN menerima hasil TWK, hasilnya semuanya kumulatif. Hasil ini dalam bentuk dokumen yang tersegel. Ini kami sudah serahkan semua ke KPK. BKN sekarang ini tidak memegang dokumen apa pun,” ujar Bima.

Bima juga menerangkan bahwa dokumen yang diberikan kepada KPK bukan hasil tes secara detail atas masing-masing pegawai, melainkan hasil secara kumulatif.

Bima mengatakan bahwa BKN tidak bisa memberikan dokumen yang diminta oleh pegawai KPK yang tak lolos TWK.

Hal itu ia sampaikan seusai memberikan keterangan kepada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terkait penyelidikan dugaan pelanggaran HAM dalam proses alih status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN) melalui TWK.

Dokumen yang diminta meliputi hasil asesmen TWK terkait tes indeks moderasi bernegara, tes tertulis dan wawancara, kertas kerja penilaian lengkap BKN atas hasil asesmen, dasar atau acuan penentuan unsur yang diukur dalam asesmen dan dasar acuan penentuan kriteria memenuhi syarat (MS) dan tidak memenuhi syarat (TMS).

Selain itu, dasar atau acuan penentuan dan penunjukan asesor, data yang diberikan KPK kepada asesor, kertas kerja asesor, hingga berita acara penentuan lulus atau tidak lulus.

“Yang diminta adalah hal-hal yang tidak ada dalam dokumen itu, karena ini dokumennya bersifat agregat, bukan detail orang per orang,” kata Bima.

Bima menyebut dokumen hasil TWK secara detail per individu terkait indeks moderasi bernegara dimiliki oleh Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat (AD). Sementara hasil profiling pegawai dipegang oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Bima mengatakan bahwa dokumen hasil tes setiap individu yang diminta oleh pegawai KPK bersifat rahasia. Meski demikian, menurut Bima hasil TWK setiap individu bisa dibuka jika ada ketetapan dari pengadilan.

Alasan pelibatan Dinas Psikologi TNI AD dalam pelaksanaan TWK pegawai KPK sendiri karena BKN tidak memiliki instrumen TWK yang cocok untuk menguji para pegawai lembaga antirasuah. Pasalnya, mereka telah bekerja dalam waktu lama dan menempati jabatan struktural di KPK.

Karena itulah BKN akhirnya menggunakan instrumen yang dimiliki oleh Dinas Psikologi TNI AD dalam pelaksanaan TWK.

D For GAEKON