Tak Pakai Uang Rupiah, Pasar Di Depok Ini Gunakan Koin Dinar Dan Dirham Untuk Transaksi

0

Tak Pakai Uang Rupiah, Pasar Di Depok Ini Gunakan Koin Dinar Dan Dirham Untuk TransaksiGaekon.com – Uang rupiah sepertinya sudah tidak digunakan dalam jual beli di Pasar Kelurahan Tanah Baru, Beji, Depok. Para pedagang menggunakan koin Dinar dan Dirham untuk bertransaksi dengan pembeli.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Pasar yang dikenal sebagai Pasar Muamalah tersebut baru-baru ini viral, karena transaksinya menggunakan koin Dinar dan Dirham. Koin tersebut merupakan alat transaksi yang biasa digunakan di sejumlah negara Arab.

Pasar ini mulai viral ketika akun Youtube milik Arsip Nusantara mengunggahnya. Saat transaksi di pasar ini, akad pembelian menggunakan sistem layaknya hukum Islam.

Apabila pembeli tidak memiliki uang dapat melakukan pertukaran barang, layaknya syariat Islam. Lurah Tanah Baru, Zakky Fauzan mengatakan bahwa Kelurahan Tanah Baru tidak pernah mengeluarkan izin keberadaan Pasar Muamalah.

Zakky tidak mengetahui kapan berdirinya Pasar Muamalah tersebut. Zakky mengungkapkan, hingga saat ini dirinya belum mendapatkan kabar adanya penolakan dari warga terkait Pasar Muamalah.

“Sudah dilakukan pengecekan, tempatnya menggunakan ruko dan Kelurahan Tanah Baru tidak pernah merekomendasikan izin,” ujar Zakky.

Menurut informasi yang didapatkan Zakky, Pasar tersebut beroperasi dua minggu sekali di Hari Minggu. Biasanya mulai pukul 07.00 hingga pukul 11.00 WIB.

“Infonya di pasar tersebut siapa pun boleh dagang namun hanya menjual barang halal dan tidak menjual barang haram,” tutup Zakky.

Pasar ini berlokasi di sebuah ruko RT3 RW 4, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji Kota Depok. Sejak tahun 2001, Pasar Muamalah sudah berada di Kelurahan Tanah Baru.

D For GAEKON