Tak Punya Uang, Pelanggar PPKM Darurat Ini Lebih Memilih Dikurung 3 Hari

0

Tak Punya Uang, Pelanggar PPKM Darurat Ini Lebih Memilih Dikurung 3 HariGaekon.com – Para pelaku usaha yang melanggar aturan PPKM Darurat akan diberi sejumlah sanksi, mulai dari peringatan hingga membayar denda.

Seperti pemilik kedai di daerah Riung Asih, Kecamatan Cihideung, Tasikmalaya yang bernama Asep Lutpi. Ia terjaring razia petugas karena kedapatan melayani pembeli di tempat dan melebihi batas waktu yang ditentukan selama PPKM darurat, yakni pukul 20.00 WIB.

Akibat pelanggaran itu, Asep dijatuhi hukuman denda Rp 5 juta. Dalam sidang virtual yang digelar Pengadilan Negeri Tasikmalaya, hakim Abdul Gofur memvonis Asep bersalah.

Hakim menjatuhi hukuman denda Rp 5 juta subsider penjara tiga hari. Mendengar putusan itu Asep menolak jika harus membayar denda sebesar Rp 5 juta. Ia mengaku tak memiliki uang sebanyak itu. Asep justru lebih memilih untuk menjalani kurungan penjara selama 3 hari.

“Saya memilih menjalani kurungan penjara tiga hari Pak. Saya sudah yakin itu. Saya tak memiliki uang bayar denda ke negara,” kata Asep.

Asep mengaku sudah siap lahir dan batin menghadapi masa kurungan selama tiga hari di Lapas Tasikmalaya. Ia akan mematuhi segala aturan selama menjalani masa kurungan tiga hari mulai Kamis (15/7) hingga Sabtu (17/7).

“Saya sudah siap dengan risiko menjalani kurungan tiga hari. Daripada harus bayar denda Rp 5 juta yang tidak terbayang dari mana dapatnya, ya sudah memilih dikurung,” ujar Asep.

Ayah Pelanggar PPKM Sampai Berkaca-Kaca

Ayah Asep, Agus Suparman berkaca-kaca melihat anaknya harus menjalani hukuman tersebut. Meskipun ia sangat sedih, namun Agus mengaku bangga dengan Asep, pasalnya, sang anak itu mau bertanggung jawab mengakui kesalahannya.

“Saya sedih, prihatin, tapi sekaligus bangga dengan sikap Asep yang bertanggungjawab mengakui kesalahan dan memilih dikurung,” kata Agus.

Meski sempat terkejut dengan keputusan Asep, namun Agus kini mengerti bahwa pilihan anaknya itu sudah tepat. Ia dan istrinya memaklumi, karena jika disuruh membayar Rp 5 juta, ia juga bingung harus mencari kemana.

D For GAEKON