Tanah Amblas, SKLL Jakabare Milik Indosat Putus

0

Tanah Amblas, SKLL Jakabare Milik Indosat PutusGaekon.com – Tanah amblas (sinkhole) di area daratan Singapura mengakibatkan Sistem Kabel Bawah Laut Jakarta, Kalimantan, Batam dan Singapura (SKLL Jakabare) milik Indosat putus.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Hal ini dibenarkan oleh SVP Corporate Communication Indosat Ooredoo, Steve Saerang. Ia mengungkapkan bahwa penyebab terputusnya kabel optik karena adanya tanah yang amblas di area daratan Singapura.

Saat ini, tim Indosat sedang berupaya untuk memperbaiki sambungan dan diharapkan sistem kabel laut Jakabare bisa kembali berfungsi dalam 2×24 jam.

Terputusnya kabel optik ini berdampak pada terganggunya sejumlah layanan penyedia jasa internet yang menggunakan SKKL Jakabare sebagai jaringan tulang punggung untuk memberikan layanan kepada pelanggan.

Salah satu yang terkena dampak adalah penyedia jaringan Wi-Fi First Media. First Media mengumumkan melalui twitternya @FirstMediaCares, bahwa terjadi gangguan sistem komunikasi kabel bawah laut yang digunakan LinkNet, induk perusahaan First Media.

“Kami informasikan bahwa saat ini sedang terjadi gangguan sistem komunikasi kabel bawah laut (kabel B2JS dan kabel Jakabare) yang digunakan oleh LinkNet dan juga oleh beberapa provider internet lainnya,” tulis First Media.

Steve juga menyebut bahwa terputusnya sistem fiber optic tidak berdampak pada layanan internet untuk jaringan seluler.

Hal ini dikarenakan adanya sistem jaringan cadangan (redundancy) untuk semua traffic backbone internasional.

“Secara umum tidak ada dampak dari putusnya SKKL Jakabare tersebut karena Indosat menerapkan sistem redudancy untuk semua traffic backbone internasional sehingga tidak ada dampak langsung terhadap pelanggan selular,” jelas Steve.

D For GAEKON