Telepon Mahmoud Abbas, Jokowi Tegaskan Indonesia Tetap Dukung Palestina

0

Telepon Mahmoud Abbas, Jokowi Tegaskan Indonesia Tetap Dukung PalestinaGaekon.com – Dikabarkan bahwa Presiden Jokowi dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Rabu (16/11/2020) berkomunikasi melalui telepon. Dalam komunikasi tersebut dilakukan untuk memuji sikap Indonesia yang mendukung Palestina.

Hal tersebut terkait adanya laporan media Israel Jerusalem Post yang mengabarkan bahwa Indonesia akan segera membuka hubungan bilateral dengan Israel. Kemlu pun telah menepis laporan dari Jerusalem Post.

Ketika berbicara dengan Jokowi, Abbas menyampaikan terima kasih pada Indonesia. Dirinya pun memberikan penghargaan atas posisi Indonesia yang menolak normalisasi dengan Israel.

Presiden Palestina juga menceritakan perkembangan terakhir masalah Palestina dan upaya-upaya pimpinan untuk melindungi hak-hak rakyat Palestina kepada Jokowi. Sementara itu, Jokowi menegaskan komitmen Indonesia tegas dan prinsip negaranya terhadap masalah Palestina.

“Meskipun banyak terjadi perubahan yang begitu cepat di Timur Tengah, Indonesia tidak akan mengambil langkah apa pun untuk normalisasi dengan Israel hingga terwujudnya perdamaian abadi dan komprehensif antara rakyat Palestina dan Israel,” ujar Jokowi seperti dikutip dari siaran pers kantor berita Palestina WAFA.

“Indonesia sebagai negara Muslim terbesar, akan terus berupaya mendukung tercapainya perdamaian dan melakukan peran lebih besar dalam hal ini,” sambung dia seperti yang dilansir dari Kumparan.

Presiden Jokowi pun berjanji akan segera mengutus Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk bertemu Menlu Palestina Riyad Al-Maliki, sebagai bagian dari upaya Indonesia untuk mendukung perdamaian.

Z For GAEKON