Tentara AS Pergi Dari Afghanistan, Taliban Rayakan Dengan Tembakan

0

Tentara AS Pergi Dari Afghanistan, Taliban Rayakan Dengan TembakanGaekon.com – Kepergian tentara Amerika Serikat dari Afghanistan menjadi momen menggembirakan bagi para anggota Taliban. Bahkan mereka merayakan ini semua dengan melepaskan tembakan ke udara.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Taliban yang berada di ibu Kota Kabul merayakan kepergian seluruh tentara Amerika Serikat dengan melepaskan tembakan ke udara pada Selasa (31/8).

Keberadaan pasukan AS ditujukan membantu menjaga keamanan Afghanistan dari Taliban dan kelompok lain seperti ISIS.

Namun, saat Taliban berhasil merebut Afghanistan, kelompok tersebut meminta AS menepati janjinya yaitu angkat kaki dari Afghanistan pada 31 Agustus 2021.

Pengumuman mengenai penarikan total tentara AS disampaikan langsung Kepala Komando Pusat Militer AS Jenderal Marinir Frank McKenzie pada Senin (30/8) di Washington.

“Saya umumkan selesainya misi penarikan diri kami Afghanistan serta berakhirnya misi militer untuk evakuasi warga Amerika,” kata McKenzie.

Kelompok Taliban memuji pulangnya seluruh tentara AS. Menurut mereka peristiwa itu adalah momen bersejarah.

“Afghanistan telah memperoleh kemerdekaan penuh,” ucap Taliban.

Selama 20 tahun ratusan ribu tentara AS ditempatkan di Afghanistan. Awalnya mereka bertujuan mencari dalang peristiwa 9/11, Osama bin Laden, yang diduga disembunyikan Taliban.

Namun, setelah Osama tewas pada 10 tahun lalu di Pakistan, tentara AS tetap ditempatkan di Afghanistan selama satu dekade.

D For GAEKON