Terbukti Suka Sesama Jenis, Prajurit TNI Dipecat

0

Terbukti Suka Sesama Jenis, Prajurit TNI DipecatGaekon.com – Prajurit TNI berinisial Praka K dipecat dari TNI lantaran menyukai sesama jenis. Pemecatan ini didasarkan atas putusan Pengadilan Militer II-10 Semarang yang dilansir website Mahkamah Agung, Rabu (14/10/2020).

Selain dipecat, Praka P juga dijatuhi hukuman satu tahun penjara. Praka P didakwa melanggar Pasal 103 ayat 1 KUHP Militer karena tidak menaati perintah dinas.

Perintah dinas yang dimaksud adalah Surat Telegram Panglima TNI Nomor ST/1648/2019 tanggal 22 Oktober 2019 tentang Larangan terhadap Prajurit TNI dan PNS serta keluarganya untuk tidak melakukan hubungan sesama jenis.

Aturan itu juga dikuatkan dengan Surat Telegram KSAD Nomor ST/2694/2019 tanggal 5 September 2019 tentang penerapan hukum secara tegas, terukur, proporsional kepada oknum prajurit dan PNS TNI AD yang terlibat kasus hubungan sesama jenis.

“Menyatakan Terdakwa tersebut di atas terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana ‘ketidaktaatan yang disengaja’,” petikan dakwaan.

Kasus Praka P ini ditangani oleh majelis hakim Pengadilan Militer yang diketuai Letkol Chk Eddy Susanto SH dengan anggota Mayor Chk JOkor Trianto SH MH dan Mayor Chk Victor Virganthara Taunay SH.

Pidana pokok yang dijatuhkan kepada Praka P adalah satu tahun penjara. Sedangkan pidana tambahannya adalah pemecatan dari dinas militer.

“Sehingga perbuatan Terdakwa sangat bertentangan dengan aturan hukum dan perundang-undangan serta ketentuan norma agama, sehingga harus diberikan tindakan tegas,” bunyi putusan tersebut.

K For GAEKON