Terbukti Tak Menghasut Kerumunan, Rizieq Shihab Divonis 8 Bulan Penjara

0

Terbukti Tak Menghasut Kerumunan, Rizieq Shihab Divonis 8 Bulan PenjaraGaekon.com – Sidang Vonis kasus kerumunan abai protokol kesehatan Rizieq Shihab berujung hukuman selama delapan bulan penjara.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur memvonis terdakwa Rizieq dengan hukuman selama delapan bulan penjara.

“Menjatuhkan pidana atas diri terdakwa Rizieq Shihab dengan pidana penjara selama delapan bulan,” kata Ketua Majelis Hakim Suparman Nyompa di PN Jaktim kemarin (27/5).

Vonis ini lebih ringan dari vonis jaksa yang menuntut Rizieq dengan hukuman penjara 2 tahun serta pencabutan hak untuk menjadi pengurus ormas selama 3 tahun.

Rizieq akhirnya hanya divonis delapan bulan penjara dengan pertimbangan tak terbukti melakukan penghasutan dalam perkara kerumunan di acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan, Jakarta Pusat.

Dalam perkara ini Rizieq cs dinyatakan melanggar Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Hakim juga mempertimbangkan hal yang memberatkan dan yang meringankan dalam perkara kerumunan Petamburan.

Pertimbangan yang memberatkan yakni Rizieq cs dinilai tidak mendukung program pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Sementara yang hal meringankan, Rizieq cs dinilai jujur dalam persidangan sehingga memudahkan jalannya sidang.

“Terdakwa juga mempunyai tanggungan keluarga, dan terdakwa-terdakwa sebagai guru agama Islam,” kata hakim Suparman.

Vonis serupa juga berlaku bagi 5 orang terdakwa lainnya dalam kasus serupa yakni Haris Ubaidillah, Shabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus alias Idrus Alhabsyi, dan Maman Suryadi masing-masing selama delapan bulan.

D For GAEKON