Terkait Sikap Rasisme Yang Menimpa Natalius Pigai, Mahfud: Jika Tak Suka Tak Usah Menghina

0

Terkait Sikap Rasisme Yang Menimpa Natalius Pigai, Mahfud: Jika Tak Suka Tak Usah MenghinaGaekon.com – Terkait kasus rasisme yang menimpa salah satu tokoh Papua, Natalius Pigai, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD turut mengomentarinya.

Melalui akun twitter resmi miliknya @mohmahfudmd, ia mengingatkan agar tak ada yang menghina seseorang dengan cacian bahkan dengan gambar hewan.

“Kalau Anda tak suka dengan statement atau tudingan seseorang yang anda anggap ngaco, tak usahlah menghinanya dengan cacian atau gambar hewan,” tulis Mahfud dalam twitnya.

Mahfud bahkan mengutip salah satu pernyataan dalam bahasa Arab. Ia mengatakan bahwa akan lebih baik jika pernyataan yang berseberangan itu didiamkan saja.

“Diamkan saja, Ada ungkapan, “tarkul jawaab alal jaahil jawaabun”, “Tidak menjawab statement atau tudingan orang dungu adalah jawaban terhadap orang dungu tersebut,” kata Mahfud.

Terkait sikap rasisme yang diterima Pigai, ia telah memberi pernyataan. Menurutnya, rasisme memang dipelihara bahkan terdapat di tubuh pemerintah Indonesia itu sendiri. Bahkan, menurutnya pembantaian dan pembunuhan yang terjadi di tanah Papua didasari sikap rasisme.

“Kita harus hapuskan sikap rasisme. Negara memelihara dan mengelola rasisme sebagai alat pemukul tiap orang yang berseberangan dengan kekuasaan,” kata Pigai.

Sebelumnya, Pigai mendapat serangan rasial dari Ambrocius Nababan saat mantan Komisioner Komnas HAM itu menyatakan menolak vaksin sinovac. Ambrocius lantas mengejek Pigai, menyamakannya dengan hewan gorila serta kadal gurun.

D For GAEKON